ANALISIS PERBANDINGAN KD-KD KURIKULUM 2006 DENGAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X-XI

/ On : 6:42 AM/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan Tinggalkan Comentar Anda.


ANALISIS PERBANDINGAN KD-KD KURIKULUM 2006 DENGAN KURIKULUM 2013
MATA PELAJARAN BIOLOGI
KELAS X-XI

NO
PERMENDIKNAS 2006
PERMENDIKBUD 2013
PENJELASAN
KD
KETERANGAN (Kelas/semester)
KD (KI-3)
KD (KI-4)
KETERANGAN
1
1.1    Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2    Mendeskripsikan objek dan permasalahan  biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
X/SEM 1




X/SEM 1
3.1.Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan Pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.








4.1. Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
X
Sesuai,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
2







3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam


X/SEM 2
3.2. Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
4.2. Menyajikan hasil identifikasi usulan upaya pelestarian keanekaragaman  hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi
X
SESUAI
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
3
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
X/SEM 1
3.3. Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
4.3  Menyajikan  data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan  dalam bentuk model/charta.
X
SESUAI
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
4
2.2.  Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan

3.4. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk  melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
4.4. Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis
X
SESUAI
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
5
2.3. Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
X/SEM1
3.5. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
4.5. Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar
X
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
6
2.4. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
X/SEM 1
3.6. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
4.6.  Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam bentuk laporan tertulis
X
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
7
3.3. Mendeskripsikan  ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

X/SEM 2
3.7. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi
4.7.  Menyajikan data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis
X
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
8
3.4.  Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
X/SEM2
3.8. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.8.  Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis
X
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013
9
4.1. Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan


X/SEM 2
3.9. Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya
4.9.  Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media
X
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013

4.2. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan  manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4. Membuat produk daur ulang limbah
X/SEM 2
3.10. Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan

4.10. Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan
X
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada KURIKULUM 2013

Kesimpulan:                                                                                                                                                                                                                 
Semua KD pada kelas X pada kurikulum 2006 sesuai dengan kurikulum 2013, hanya terjadi perbedaan pada semester saja, sehingga tidak perlu dilakukan matrikulasi.
                                                                                                                                                                                                               

0 komentar:

Post a Comment

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Copyright © 2015. Literatur Karya Ilmiah . N-A Shop.com
popok cuci ulang | popok cuci ulang | menstrualpad | Biohikmah | clodi banyuwangi| menspad | celana plastik | cloth diapers
Distributor Clodi 2015 Clodi murahCelana Lampin