ANALISIS
PERBANDINGAN KD-KD KURIKULUM 2006 DENGAN KURIKULUM 2013
MATA PELAJARAN
BIOLOGI
KELAS X-XI
NO
|
PERMENDIKNAS 2006
|
PERMENDIKBUD 2013
|
PENJELASAN
|
|||
KD
|
KETERANGAN (Kelas/semester)
|
KD (KI-3)
|
KD (KI-4)
|
KETERANGAN
|
||
1
|
1.1
Mengidentifikasi ruang
lingkup Biologi
1.2 Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu,
populasi, ekosistem, dan bioma)
|
X/SEM 1
X/SEM 1
|
3.1.Memahami tentang ruang
lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), metode ilmiah dan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan Pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.1.
Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai
tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan
aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
|
X
|
Sesuai,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
2
|
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati
Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
|
X/SEM 2
|
3.2. Menganalisis data hasil
obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan
ekosistem) di Indonesia.
|
4.2.
Menyajikan hasil identifikasi usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis
data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas
Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi
|
X
|
SESUAI
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
3
|
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran
virus dalam kehidupan
|
X/SEM 1
|
3.3. Menerapkan pemahaman
tentang virus berkaitan tentang ciri,
replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
|
4.3 Menyajikan
data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek
kesehatan dalam bentuk model/charta.
|
X
|
SESUAI
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
4
|
2.2. Mendeskripsikan
ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
|
|
3.4. Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria
dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri
dan bentuk melalui pengamatan secara
teliti dan sistematis
|
4.4.
Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria
dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis
|
X
|
SESUAI
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
5
|
2.3. Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom
Protista, dan peranannya bagi kehidupan
|
X/SEM1
|
3.5. Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan
peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
|
4.5.
Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista
dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk
model/charta/gambar
|
X
|
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
6
|
2.4. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur
berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta
peranannya bagi kehidupan
|
X/SEM 1
|
3.6. Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara
reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
|
4.6. Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri
dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan dalam bentuk laporan tertulis
|
X
|
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
7
|
3.3. Mendeskripsikan
ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi
kelangsungan hidup di bumi
|
X/SEM 2
|
3.7. Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan
morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam
kelangsungan kehidupan di bumi
|
4.7. Menyajikan data tentang morfologi dan peran
tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis
|
X
|
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
8
|
3.4. Mendeskripsikan
ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
|
X/SEM2
|
3.8. Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi
dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan
|
4.8. Menyajikan data tentang perbandingan
kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek
kehidupan dalam bentuk laporan tertulis
|
X
|
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
9
|
4.1. Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam
aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi
kehidupan
|
X/SEM 2
|
3.9. Menganalisis
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi
yang berlangsung didalamnya
|
4.9. Mendesain bagan tentang interaksi antar
komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan
menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media
|
X
|
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
|
4.2. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran
lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang
limbah
4.4.
Membuat produk daur ulang limbah
|
X/SEM 2
|
3.10. Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan
perubahan tersebut bagi kehidupan
|
4.10.
Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah
dan upaya pelestarian lingkungan
|
X
|
SESUAI,
Tidak berpengaruh terhadap materi kelas XI pada
KURIKULUM 2013
|
Kesimpulan:
Semua KD pada kelas X pada kurikulum 2006 sesuai dengan kurikulum
2013, hanya terjadi perbedaan pada semester saja, sehingga tidak perlu
dilakukan matrikulasi.
0 komentar:
Post a Comment