SILABUS
MATA PELAJARAN:
BIOLOGI
(PEMINATAN
MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
|
Kelas
|
:
|
X
|
KI
1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dan damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyajikan
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||||||
1.1.
|
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan
lingkungan hidup.
|
|
SIKAP
SPIRITUAL
|
|
|
|
|||||||
1.2.
|
Menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
|
|
|
|
|
|
|||||||
1.3.
|
Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.1.
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan
kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di
dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
|
SIKAP SOSIAL
|
|
|
|
|||||||
2.2.
|
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan
prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di
laboratorium dan di lingkungan sekitar.
|
|
|
|
|
|
|||||||
1. Ruang Lingkup Biologi, Kerja
Ilmiah dan Keselamatan Kerja, serta karir berbasis Biologi
|
|||||||||||||
3.1.
|
Memahami tentang ruang
lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), metode ilmiah
dan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ruang
lingkup biologi:
·
Permasalahan biologi pada
berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
·
Cabang-cabang ilmu dalam
biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
·
Manfaat mempelajari biologi
bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradapan bangsa.
·
Metode Ilmiah: mengidektifikasi masalah, membuat hipotesis,
merancang percobaan, menentukan variabel, mengolah data, mengomuni-kasikan.
·
Keselamatan Kerja
|
Mengamati
·
Mengamati atau mendiskusikan kehidupan masa kini yang berkaitan
dengan biologi seperti kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta karir dll yang
berhubungan dengan biologi.
Menanya:
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Kaitan
kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta karir
dll yang berhubungan dengan biologi.
·
Yang akan dipelajarinya tentang karakteristik, cara mempelajari Biologi , metode ilmiah dan keselamatan kerja, serta
karir berbasis biologi?
Mengumpulkan
data(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Membaca teks atau melihat video tentang kasus-kasus pada kedokteran,
gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta
karir
dll yang berhubungan dengan biologi dan mendiskusikan kaitannya dengan biologi.
·
Melakukan studi literatur tentangcabang-cabang biologi, objek biologi, permasalahan biologi dan profesi yang
berbasis biologi (distimulir
dengan contoh-contoh dan diperdalam dengan tugas mandiri).
·
Membaca karya tulis ilmiah biologi sebagai bahan analisis tentang kerja
seorang peneliti biologi dan
menganalisis komponen-komponen dalam karya tulis ilmiah dikaitkan dengan metode
ilmiah dalam biologi.
·
Diskusi aspek-aspek
keselamatan kerja laboratorium biologi dan menyepakati komitmen bersama untuk
melaksanakan secara tanggung jawab aspek keselamatan kerja di laboratorium.
·
Mendesain kegiatan percobaan sederhana untuk mempelajari kerja
ilmiah.
·
Melakukan
percobaan sederhana untuk memahami kerja ilmiah dengan
menentukan permasalahan, membuat hipotesis, merencanakan percobaan dengan
menentukan variabel percobaan, mengolah data pengamatan dan percobaan dan
menampilkannya dalam tabel/grafik/skema.
·
Mengkomunikasikannya
secara tertulis dengan membuat laporan hasil penelitian dengan format laporan ilmiah
sederhana(tugas mandiri).
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan hasil-hasil
pengamatan dan kegiatan tentang ruang lingkup biologi, cabang-cabang biologi,
pengembangan karir dalam biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk
membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi.
Mengkomunikasikan
·
Mengkomunikasikan secara
lisan tentang ruang lingkup biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja,
serta rencana pengembangan karir masa depan berbasis biologi.
·
Melaporkan secara tertulis hasil penelitian.
|
Observasi
Sikap ilmiah saat mengamati,
melaporkan secara lisan dan saat diskusi, dan lembar pengamatan.
Tes
·
Pemahaman tentang ruang lingkup biologi.
·
Langkah kerja ilmiah dengan diberikan persoalan siswa mendesain rancangan
penelitian .
·
Aspek keselamatan kerja.
Portofolio
·
Kompetensi membuat laporan
dari format, isi laporan, kesesuaian isi, dan aspek komunikatif dan berbahasa.
|
3
minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi kelas X.
·
Laboratori-um biologi dan
sarananya (peralatan yang akan dipakai selama satu tahun ajaran).
·
Buku panduan kerja lab dalam
satu tahun (LKS).
·
Artikel ilmiah atau laporan
ilmiah yang berkaitan dengan
biologi.
·
Lembar tata tertib keselamat-an
kerja laboratori-um biologi.
·
Lembar kesepakatan yang
ditanda-tangani bersama oleh setiap siswa berkaitan dengan aspek keselamat-an
kerja.
|
|||||||
4.1.
|
Menyajikan data tentang objek
dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai
dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
.
|
||||||||||||
2. Berbagai Tingkat Keanekaragaman
Hayati
|
|||||||||||||
3.2.
|
Menganalisis data hasil obervasi tentang
berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di
Indonesia.
|
·
Konsep keanekaragaman gen,
jenis, ekosistem.
·
Keanekaragaman hayati
Indonesia (gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroor-ganisme.
·
Sistem klasifikasi makhluk
hidup: taksan, klasifikasi binomial.
|
Mengamati
·
Mengamati gambar berbagai tingkatan
keanekaragaman (gen, jenis dan ekosistem) Indonesia untuk memahami konsep tingkat keanekaragaman hayati.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Berbagai macam keanekaragaman
hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem) dan cara
mempelajarinya.
·
Cara pengelompokkan keanekaragaman hayati.
·
Megabiodiversitas Indonesia.
Mengumpulkan data (Eksperimen/Eksplorasi)
·
Mengamati dan berbagai tingkat keanekaragaman hayati
Indonesia dengan contoh berbagai tumbuhan, biji-bijian,
kerang-kerangan, insekta, dll sesuai lingkungan sekolah yang dibawa siswa.
·
Mengelompokkan berbagai
tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan contoh-contohnya yang dibawa siswa.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan berbagai
tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dan memberi contohnya, memahami gairs
Wallace dan Weber.
·
Mendiskusikan untuk
mengasosiasikan pemahaman tentang takson dalam klasifikasi dan kunci
determinasi dari contoh organisme yang dibawa siswa.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan secara lisan
tentang keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan tingkat
keanekaragamannya.
·
Mempresentasikan
takson-takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi.
|
Observasi
·
Sikap ilmiah dalam bertanya,
memberikan pendapat, menghargai pikiran orang lain
Tes
· Tertulis
essay tentang konsep keanekaragaman hayati Indonesia dari berbagai
tingkat keanekaragaman
hayati.
· Persebaran
keanekaragaman hayati, garis Wallace dan Weber.
· Pemahaman
tentang takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi.
|
1 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi kelas X
·
Charta
berbagai tingkat kehati
·
Peta
kehati Indonesia, garis Wallace dan Weber.
·
Ensiklopedia flora fauna
Indonesia.
·
Gambar/
foto
karakter hutan hujan tropis.
·
Charta takson.
·
Charta Kunci determi-nasi.
|
|||||||
4.2.
|
Menyajikan
hasil identifikasi usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis
data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia
yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi.
|
||||||||||||
·
Garis Wallace, Garis Weber.
·
Keunikan hutan hujan tropis, pesisir dan laut Indonesia.
|
Mengamati
· Mengamati peta garis Wallace dan Weber tentang
keanekaragaman hayati Indonesia.
· Membaca teks pemanfaatan keanekaragaman hayati.
· Mengamati film/gambar hutan hujan tropis Indonesia,
pesisir dan laut Indonesia untuk mengenal megabiodiversitas Indonesia.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Persebaran keanekaragaman hayati Indonesia.
·
Hutan hujan tropis, pesisr dan laut.
·
Megabiodiversitas Indonesia.
Mengumpulkan data
(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Menganalisis film/gambar untuk memahami lebih lanjut megabiodiversitas
Indonesia mulai dari hutan hujan tropis, pesisir, dan laut.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan hubungan antara garis Wallace dan Weber dengan
keanekaragaman hayati Indonesia.
·
Mengaitkan garis Weber dan Wallace posisi geografis Indonesia di garis
katulistiawa dengan megabiodiversitas.
·
Mendiskusikan manfaat dari keanekaragaman hayati Indonesia dari segi
ekonomi, pendidikan, dan ekologis untuk pembangunan berkelanjutan.
·
Berdiskusi tentang hubungan kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia
untuk menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan secara lisan
tentang keanekaragaman hayati Indonesia mulai dari hutan hujan tropis, pesisir, dan laut.
·
Mempresentasikan secara lisan manfaat keanekaragaman hayati Indosia.
|
Observasi
·
Sikap ilmiah dalam bertanya,
memberikan pendapat, menghargai pikiran orang lain.
Tugas:
·
Kliping pemanfaatan keanekaragaman hayati dan dilakukan analisis mannfaat.
Tes:
·
Pemahaman tentang berbagai keanekaragaman hayati Indonesia.
· Manfaat keanekaragaman hayati Indonesia.
|
1 minggu
|
||||||||||
·
Upaya pelestarian kehati
Indonesia secara in-situ dan ex-situ
·
Manfaat kehati (ekonomi, pendidikan, dan ekologis) untuk pembangunan berkelanjutan
|
Mengamati
· Menonton film tentang penangkaran berbagai satwa asli
Indonesia.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Tujuan dari kegiatan penangkaran satwa.
·
Kegiatan lainnya yang berkaitan dengan usaha perlindungan dan pelestarian
flora dan fauna Indonesia.
·
Tempat-tempat perlindungan dan pelestarian flora dan fauna Indonesia.
Mengumpulkan data
(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Menganalisis penangkaran berbagai satwa asli Indonesia untuk memahami tujuan pelestarian keanekaragaman hayati
Indonesia.
·
Mengidentifikasi berbagai jenis kegiatan upaya perlindungan dan
pelestarian biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan pentingnya upaya perlindungan dan pelestarian
biodiversitas Indonesia.
·
Diskusi tentang upaya perlindungan dan pelestarian biodiversitas
Indonesia secara in-situ dan eks-situ.
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan
secara lisan tentang perlindungan dan pelestarian
biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ.
· Membuat laporan rancangan terobosan baru/ide kreatif
tentang upaya pelestarian biodiversitas Indonesia (tugas mandiri individu).
|
Observasi
·
Sikap ilmiah dalam bertanya,
memberikan pendapat, menghargai pikiran orang lain.
|
|
||||||||||
3. Virus, ciri dan peranannya
dalam kehidupan
|
|||||||||||||
3.3.
|
Menerapkan
pemahaman tentang virus berkaitan
tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan
masyarakat.
|
Virus
·
Ciri-ciri virus: struktur dan
repro-duksi.
·
Kasus-kasus penyakit yang
disebab-kan virus.
|
Mengamati
· Membaca berbagai kasus penyakit yang merebak saat ini
yang disebabkan oleh virus seperti influenza, Aids, dan flue burung, siswa
mengamati fenomena alam tersebut.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
· Penyebab berbagai penyakit pada kasus yang dibaca.
· Mekanisme penularan.
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Eksplorasi)
· Mengamati
karakteristik virus dari charta tentang
struktur virus.
· Mengamati
proses perkembangbiakan virus pada
organisme hidup.
· Mendiskusikan
penyebaran virus HIV dikaitkan dengan ciri
perkembangbiakannya.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan struktur dan reproduksi virus dengan penyebaran penyakit dan mengaitkan perilaku
yang harus dilakukannya untuk
membentuk sikap positif pada generasi muda Indonesia.
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan secara lisan:
ciri dan karakter virus, perkembangbiakan dan cara penularan HIV.
|
Tugas
· Membuat model tiga dimensi Virus HIV.
Tes
· Essay
bagan replikasi virus.
· Essay
penyebaran virus HIV.
· Tertulis
tentang pemahaman
istilah-istilah ilmiah yang digunakan berkaitan dengan virus seperti kapsid,
DNA, RNA, viroid, tail/ekor, fase litik dan lisogenik,
dll.
|
1 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
·
Charta virus.
·
Charta penye-baran virus HIV.
·
Charta perkembangbiakan virus.
·
Foto/
gambar berbagai penyakit yang disebab-kan oleh virus .
|
|||||||
4.3.
|
Menyajikan data tentang ciri, replikasi, dan peran
virus dalam aspek kesehatan dalam
bentuk model/charta.
|
||||||||||||
·
Peran virus dalam kehidupan.
·
Jenis-jenis partisipasi
remaja dalam menang-gulangi persebaran virus HIV
dan lainnya.
|
Mengamati
· Mengamati berbagai gambar tentang hasil aktivitas virus
pada hewan, tumbuhan, dan manusia.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
· Dampak dari aktivitas virus terhadap makhluk hidup.
· Cara menghindari dan mencegah.
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
· Mendiskusikan
dampak ekonomi dan sosial akibat serangan virus.
· Mendiskusikan
hubungan antara cara reproduksi virus dengan penyebaran
dalam tubuh dan penularan terhadap organisme lain.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan tentang ciri virus dengan dampak yang ditimbulkan
antara lain dampak ekonomi dan sosial.
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan dampak positif dan negatif secara ekonomi dan
sosial dengan terjangkitnya virus.
|
Tugas
· Membuat karya ajakan hidup sehat dengan menghindari
infeksi virus (lagu, poster, cerita, komik, puisi, dll) tergantung kepada
minat anak dan kerja sama lintas mata pelajaran Bahasa dan seni budaya.
Tes
· Essay
dampak ekonomi dan sosial.
· Tertulis tentang peran virus bagi kehidupan.
|
1 minggu
|
||||||||||
4. Archaebateria dan
Eubactaeria, ciri, dan peranannya
|
|||||||||||||
3.4.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan Archaebacteria dan Eubacteria
berdasarkan ciri-ciri dan bentuk
melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
Kingdom monera
· Ciri Archaebac-teria dan Eubacteria.
· Penanaman bakteri/pour plate/streak plate.
· Pengamatan koloni bakteri.
· Pengecatan
Gram.
· Pengamatan
sel bakteri.
|
Mengamati
·
Mengamati berbagai foto/gambar/film tentang berbagai bentuk koloni
bakteri.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Organisme apa yang terlihat dalam foto/gambar/film.
·
Cara membuat atau menghasilkan gambar yang diamati.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi?
·
Melakukan pour plate dan streak plate bakteri tanah, bakteri udara untuk memahami ciri-ciri bakteri.
·
Mendiskusikan prosedur tentang pengamatan bakteri dari mulai sterilisasi,
penyiapan alat dan bahan, cara penanaman, dan mendiskusikan cara pewarnaan
gram dari gambar.
·
Mendiskusikan konsep baru
serta kosa kata ilmiah baru, misalnya pengecatan gram, inokulum, inokulasi, sterilisasi dll.
·
Mendisukusikan ciri-ciri bakter dilihat bentuk koloni dan bentuk sel.
·
Mendiskusikan struktur dan karakteristik bakteri Archaebacteria dan Eubacteria dari gambar Scanning
Electron Micrograph/mikroskop elektron.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan cara mengenal ciri bakteri dengan menanam dan mengamati
bentuk koloni dan sel bakteri.
·
Menyimpulkan perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria dari habitatnya.
Mengomunikasikan
·
Melaporkan tentang sterilisasi dan prosedur penanaman bakteri
untuk mengamati ciri bakteri dari koloni dan bentuk sel.
|
Observasi
·
Pengamatan sikap ilmiah dan
keselamatan kerja di laborato-rium (ketelitian,
tanggung jawab, jujur, kerja sama, dan kesabaran).
·
Disiplin dalam mengikuti prosedur kerja ilmiah dalam menanam bakteri.
|
1
minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
·
Charta koloni dan bentuk
bakteri.
·
LKS pennyiapan media,
pour/streak plate, inokulasi, penge-catan Gram.
·
Loupe
·
Mikros-kop dan keleng-kapannya
|
|||||||
4.4.
|
Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan
dalam bentuk laporan tertulis.
|
||||||||||||
· Pengamatan koloni.
|
Mengamati
·
Membaca teks tentang contoh-contoh bentuk koloni bakteri dan bentuk
bakteri.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Pembentukan koloni bakteri.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi?
·
Melakukan pengamatan koloni
bakteri dari kegiatan minggu pertama.
·
Mencatat data hasil pengamatan dengan menggambar dalam buku kerja/log
book.
·
Mendiskusikan sifat pertumbuhan bakteri dengan hasil pengamatan koloni
bakteri.
·
Menerapkan keselamatan kerja (prosedur pengamatan koloni bakteri) dalam
pengamatan bakteri.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan hasil
pengamatan dan ciri pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri.
Mengomunikasikan
·
Melaporkan hasil pengamatan
secara tertulis menggunakan format laporan sesuai kaidah.
|
|
|
||||||||||
· Pengecatan bakteri.
· Bentuk sel bakteri.
|
Mengamati
·
Mengamati gambar foto
mikrograph berbagai bentuk sel bakteri.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Bagaimana menghasilkan gambar/foto sel bakteri.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi?
·
Melakukan pengecatan gram pada sel bakteri atau mendiskusikan cara
mengamati bakteri karena ukuran bakteri yang sangat kecil.
·
Mengamati sel bakteri hasil pengecatan Gram dan menentukan sifat bakteri (Gram + dan Gram -) atau mendiskusikan ciri bakteri dari gambar/foto
bakteri
·
Menerapkan prosedur ilmiah dan keselamatan kerja dalam pengecatan gram bakteri.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan hubungan antara kegiatan pengecatan gram dengan sifat dan
ciri bakteri serta kegiatan ilmiah seorang peneliti biologi.
Mengomunikasikan
·
Melaporkan hasil pengamatan
secara tertulis menggunakan format laporan sesuai kaidah.
|
Portofolio
·
Laporan tertulis.
Observasi
·
Proses kerja ilmiah dan melakukan prosedur yang benar dan runtut.
·
Sikap ilmiah dalam pengamatan (teliti, jujur, disiplin).
|
1 minggu
|
||||||||||
· Peranan bakteri dalam kehidupan.
|
Mengamati
·
Makan bersama nata de coco yang
dibawanya dari rumah.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Bahan dari nata de coco.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi?
·
Mendiskusikan cara pembuatan nata
de coco.
·
Mendiskusikan bahwa nata de coco
berasal dari dinding sel bakteri.
·
Mendiskusikan makanan lain dan produk-produk lain yang memanfaatkan
bakteri.
·
Mendiskusikan jenis-jenis
penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan cara penanggulangannya.
·
Mendiskusikan peranan bakteri
dalam lingkungan seperti pembusukan sampah, pengolahan limbah.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan peranan bakteri dalam kehidupan.
·
Mendiskusikan manfaat dari bakteri bagi kelangsungan hidup di bumi.
·
Mendiskusikan kemungkinan peristiwa dapat terjadi seandainya tidak adanya
bakteri dalam kehidupan untuk menumbuhkan spiritualitas yang tinggi terhadap
ciptaan Tuhan.
Mengomunikasikan
·
Melaporkan secara lisan manfaat bakteri.
|
Tes
Manfaat dan peran bakteri dalam kehidupan.
|
1
minggu
|
||||||||||
5. Protista,
ciri dan karakteristik, serta perananya dalam kehidupan
|
|||||||||||||
3.5.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan Protista berdasarkan ciri-ciri umum
kelas dan peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
|
Protista
§
Ciri-ciri umum Protista.
§
Ciri-ciri umum Protista
mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold.
§
Ciri-ciri umum Protista
mirip tumbuhan (Alga) .
§
Ciri-ciri umum Protista
mirip hewan (Protozoa)
|
Mengamati
· Mengamati
suatu foto berwarna/gambar/ animasi berbagai macam Protista.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Organisme dalam gambar.
·
Nama kelompok organisme.
·
Dimana habitatnya.
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi)
·
Membuat
kultur Paramecium dari rendaman air jerami (tugas mandiri).
·
Melakukan
pengamatan mikroskopis air kolam, air rendaman jerami dll.
·
Menggambar
hasil pengamatan.
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan hasil
pengamatan dan mengidentifikasi jenis Protista yang ditemukan berdasarkan literatur.
·
Mendiskusikan ciri umum Protista mirip jamur, Protista mirip alga, Protista mirip
hewan menggunakan gambar/charta/animasi /film.
·
Membandingkan
hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme
golongan Protista.
·
Membuat kesimpulan tentang
ciri-ciri Protista.
Mengomunikasikan
·
Menyusun laporan tertulis hasil pengamatan dan hasil diskusi
dirangkum untuk memahami konsep keanekaragaman Protista dan dasar pengelompokannya.
|
Tugas
·
Laporan pengamatan berbentuk gambar dan ulasan.
Observasi
·
Performa saat melakukan
pengamatan
(kerja keras, tanggung jawab, disiplin,tole-ransi).
Portofolio
·
Hasil menulis laporan
praktikum.
Tes
·
Tertulis untuk menilai
pemahaman dan kedalaman konsep ciri dan dasar
klasifikasi Protista.
·
Hasil charta yang digambar-nya
untuk melihat pemahaman holistik tentang Protista.
|
2 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi .
·
LKS penga-matan Protista.
·
LKS pem-buatan laporan
tertulis.
·
Buku kumpulan
Protista.
|
|||||||
4.5.
|
Merencanakan
dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam
kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.
|
||||||||||||
|
|||||||||||||
·
Peran Protista dalam kehidupan
|
Mengamati
· Membaca teks di berbagai literatur tentang peran berbagai
Protista.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Apa saja peran protista dalam kehidupan, menguntungkan
atau merugikan.
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi)
· Menganalisis berbagai artikel yang berhubungan dengan peran Protista
dalam kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan bagi manusia dan
lingkungan.
Mengasosiasikan
·
Mengaitkan berbagai keadaan seperti penyakit malaria, penyakit tidur,
keputihan, fosil minyak bumi, bahan granit dengan peran berbagai jenis Protista.
·
Membuat kesimpulan tentang peran Protista.
Mengomunikasikan
·
Menyusun laporan tertulis hasil diskusi dan mempresentasikan di depan kelas.
|
Tugas:
·
Membuat bahan presentasi.
Observasi:
·
Aktivitas dalam diskusi dan presentasi (santun, toleransi, menghargai
pendapat orang lain, menerima kritik, kreatif).
|
1 minggu
|
Gambar-gambar yang berhubu-ngan dengan peran Protista.
Internet: Fosil minyak bumi dan bahan granit.
|
|||||||||
6. Jamur,
ciri dan karakteristik, serta peranannya dalam kehidupan
|
|||||||||||||
3.6.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara
reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
Fungi/Jamur
§
Ciri-ciri kelompok jamur . dalam hal
morfologi, cara memperoleh nutrisi, reproduksi.
§
Pengelom-pokan jamur.
|
Mengamati
· Mengamati
berbagai jenis jamur , produk makanan dan
minuman (tempe, oncom, roti busuk, keju, dll) serta obat-obatan (penisilin) yang berhubungan dengan jamur.
· Mengkaji literatur tentang syarat hidup jamur.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Berbagai macam jamur,
bagaimana mengelompokkannya?
· Apa
ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain?
· Apa syarat hidup jamur?
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
· Mengamati
morfologi jamur mikroskopis dari berbagai bahan (roti, kacang, jagung
berjamur, tempe, oncom, dll), jamur cendawan, menggambar
hasil pengamatan,
menandai nama-nama bagian-bagiannya.
§ Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir
dan kapang) serta alat reproduksinya.
§ Melakukan pengamatan tubuh buah jamur makroskopis (cendawan).
§ Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan hasil pengamatan
tentang perbedaan jamur dengan organisme lain.
·
Menyimpulkan tentang ciri
morfologi berbagai jenis jamur ada yang maikroskopis, bersel tunggal (uniseluler),
multiseluler, dan yang memiliki tubuh buah dan cara reproduksinya, sebagai dasar pengelompokkannya.
·
Mengaitkan
cara hidup jamur sebagai saprofit dengan perannya dalam
kelangsungann
hidup di bumi sebagai pengurai.
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan hasil
pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah
penulisan yang berlaku atau presentasi.
|
Tugas
· -
Observasi
· Performa/
proses
ilmiah saat siswa melakukan pengamatan dengan mikroskop.
· Keselamatan
kerja.
· Sikap
ilmiah dalam bekerja.
Portofolio
· Laporan
tertulis hasil investigasi berbagai jamur edibel/
toksik.
· Sikap
ilmiah.
Tes
· Tes
tertulis pemahaman konsep dan kosa kata ilmiah tentang dunia jamur.
· Gambaran
menyeluruh tentang karakteristik, morfologi, dan pengelom-pokan jamur.
· Analisis
kasus permasa-lahan peran jamur dalam penyakit, pengobatan, makanan, keseimba-ngan
ekologi.
|
1
minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
· Foto/
gambar
berbagai macam jamur, baik yang edibel dan non-edibel/toksik.
· Teksbook
jamur.
· LKS
penga-matan jamur mikros-kopis.
· LKS
penga-matan jamur makros-kopis.
· LKS
peman-faatan khamir dalam industri roti.
· LKS
identifikasi berbagai jamur di alam.
|
|||||||
4.6.
|
Menyajikan
data hasil pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan
lingkungan dalam bentuk laporan
tertulis.
|
||||||||||||
· Peran jamur
secara ekologis, ekonomis, medis, dan pengem-bangan iptek.
|
Mengamati
· Mengamati
berbagai kasus, kondisi dan produk yang berhubungan
dengan jamur.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
· Apa peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan.
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
§ Mencari informasi tentang berbagai jamur yang edibel/bisa dimakan dan
jamur yang toksik.
§ Mengumpulkan kasus-kasus penyakit dan keracunan karena jamur.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis hubungan kasus keracunan dan penyakit dengan aktivitas jamur.
·
Menyimpulkan berbagai peran jamur dalam kehidupan berdasarkan hasil
analisis di atas.
Mengomunikasikan
·
Melaporkan peran jamur dalam
kehidupan dan memecahkan masalah apabila keberadaan jamur dalam suatu
ekosistem terganggu secara tertulis.
|
|
1 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
·
Contoh contoh foto/
gambar penyakit kulit, dan jamur penyebab-nya.
·
Gambar/
foto produk yang berhu-bungan dengan
jamur.
|
|||||||||
7. Plantae: ciri-ciri morfologis, metagenesis, peranannya
dalam keberlangsungan hidup di bumi
|
|||||||||||||
3.7.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya
dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
|
Plantae
§
Ciri-ciri umum Plantae.
§
Tumbuhan lumut.
§
Tumbuhan paku.
|
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar hutan
hujan tropis dengan berbagai jenis tumbuhan yang membentuk strata di dalamnya.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
·
Berbagai jenis tumbuhan yang membentuk strata di hutan hujan tropis.
·
Bagaimana mengenali nama dan
mengelompokkannya?
·
Apa ciri-ciri masing-masing
kelompok?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan pada setiap strata di hutan
hujan tropis.
· Menggunakan contoh tumbuhan plantae yang dibawa siswa (lumut, paku, tumbuhan
biji) membandingkan ciri-ciri Plantae.
· Mengindentifikasi alat reproduksi lumut dan paku contoh yang dibawa
siswa atau menggunakan gambar.
· Membuat
bagan metagenesis pada lumut, paku-pakuan, membandingkan dengan gambar/charta.
Mengasosiasi
·
Mengaitkan konsep berbagai
keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokan berdasarkan ciri morfologi
dan metagenesis tumbuhan.
·
Menemukan
ciri khas dan dasar pengelompokan tumbuhan paku dan lumut.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan laporan hasil pengamatan berbagai tumbuhan dalam bentuk produk.
·
Melakukan diskusi problem
solving dengan rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan dengan berubahnya
keanekaragaman tumbuhan lumut dan paku di suatu ekosistem
dan menganalisis dampaknya dari sudut: lingkungan alam, ekonomi, masyarakat,
dan kesejahteraan masyarakat.
|
Tugas
·
Produk membuat cerita dunia tumbuhan sesuai kemam-puannya,
dalam bentuk komik, ilustrasi, lagu, cerita, atau laporan investigasi untuk
menunjuk-kan pema-haman.
Observasi
·
Ketekunan dalam kegiatan
pengamatan.
Portofolio
·
Laporan tertulis.
Tes
·
Ciri khas tumbuhan lumut dan paku.
·
Charta tentang penggolongan
lumut dan paku.
·
Metagenesis tumbuhan lumut dan paku.
|
2
minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi
· Charta
dunia tum-buhan.
· Charta/
video
ciri-ciri khusus dunia tum-buhan.
· Ensiklo-pedi/teks-book/
buku
referensi ilmiah.
· Buku botani.
· Internet.
|
|||||||
4.7.
|
Menyajikan
data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam
bentuk laporan tertulis.
|
||||||||||||
§
Tumbuhan biji (Spermato-phyta).
|
Mengamati
·
Siswa mengamati berbagai jenis tumbuhan spermatophyta melalui gambar/spesimen, video atau
charta.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
·
Apa ciri-ciri tumbuhan Spermatophyta?
·
Apa dasar pengelompokannya?
·
Bagaimana cara pengelompokannya?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Menggunakan contoh tumbuhan yang dibawa siswa/gambar/charta (Spematophyta)
mengidentifikasi ciri morfologinya.
· Mengamati alat reproduksi tumbuhan biji (Angiospermae
dan Gymnospermae) melalui objek
nyata atau gambar melalui kerja kelompok.
· Mengindentifikasi alat reproduksi tumbuhan-tumbuhan tersebut.
· Membuat
bagan metagenesis Gymnospermae
dan Angiospermae, membandingkan dengan gambar/charta.
Mengasosiasi
·
Mengaitkan konsep berbagai
keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokan berdasarkan ciri morfologi
dan metagenesis tumbuhan Spermatophyta.
·
Menyimpulkan
cara pengelompokan tumbuhan Spermatophyta.
Mengomunikasikan
·
Merangkum bab dan disusun
dalam suatu laporan yang dibentuk dalam buku kreatif menggunakan bahan-bahan
bekas atau hiasan daun/bunga kering sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.
·
Menyajikan laporan tertulis
hasil pengamatan berbagai tumbuhan Spermatophyta.
|
Tugas:
· Metagenesis tumbuhan gymnosper-mae dan Angiospermae.
Observasi:
·
Kreativitas, kerja keras, jujur dan disiplin.
Portofolio:
·
Laporan tertulis.
|
1 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
· Charta
dunia tumbuhan.
· Charta/
video
ciri-ciri khusus dunia tumbuhan.
· Ensiklopedi/teksbook/buku
referensi ilmiah.
· Buku botani.
· Buku flora dan fauna.
· Internet.
|
|||||||||
§
Manfaat dan peran tumbuhan
dalam ekosistem, manfaat ekonomi, dan dampak turunnya keaneka-ragaman
tumbuhan bagi ekosistem.
|
Mengamati
·
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang manfaat dan peran
keanekaragaman plantae dalam berbagai segi.
·
Mengumpulkan informasi berbagai tanaman obat.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
·
Apa peran
keberadaan tumbuhan di muka bumi?
·
Apa contoh manfaat keanekaragaman plantae dalam kehidupan?
·
Contoh tanaman obat yang khas Indonesia.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Mengumpulkan
informasi peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan, dll)
tugas mandiri untuk bahan diskusi.
Mengasosiasi
·
Mengaitkan keanekaragaman hayati plantae
khas Indonesia dengan kekebermanfaatannya dalam berbagai bidang kehidupan
(industri, kesehatan, pariwisata,dll).
Mengomunikasikan
·
Merangkum Bab dan disusun
dalam suatu laporan yang dibentuk dalam buku kreatif menggunakan bahan-bahan
bekas atau hiasan daun/bunga kering sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.
·
Menyajikan laporan tertulis
hasil pengamatan berbagai tumbuhan.
·
Membuat tulisan tentang peran
tumbuhan dalam hal menjaga keseimbangan alam yaitu berperan dalam siklus air,
menjaga permukaan lahan, penyerapan karbondioksida dan penghasilan oksigen
bumi.
·
Membuat laporan upaya
pemanfaatan yang tidak seimbang dengan pelestarian.
·
Melakukan diskusi problem solving dengan rantai makanan
dan jaring-jaring kehidupan dengan berubahnya keanekaragaman tumbuhan di
suatu ekosistem dan menganalisis dampaknya dari sudut: lingkungan alam,
ekonomi, masyarakat, dan kesejahteraan masyarakat.
|
Tugas:
Membuat alas
makan/cover
buku/kartu ucapan/suvenir berbasis pada keindahan bentuk dan warna tumbuhan.
Portofolio:
Laporan tertulis.
|
1 minggu
|
Berbagai informasi tentang tanaman obat
Internet.
|
|||||||||
8. Animalia: Ciri,
klasifikasi dan peran hewan Invertebrata dan Vertebrata
|
|||||||||||||
3.8.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
|
Animalia Invertebrata
·
Ciri-ciri umum
Animalia.
·
Ciri dan klasifikasi
hewan Invertebrata.
|
Mengamati
·
Mengamati berbagai macam
hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar
rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan.
Menanya
Siswa dimotivasi
untuk menanyakan
tentang:
·
Begitu banyaknya jenis hewan,
apa persamaan dan perbedaan?
·
Bagaimana mengenali kelompok
hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·
Mengamati ciri umum
pengelompokan hewan.
·
Mengamati berbagai jenis
hewan invertebrata di lingkungan sekitar, mendokumentasikan dalam bentuk
foto/gambar pengamatan, mengamati morfologinya.
·
Mendiskusikan hasil
pengamatan invertebrata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai
dasar pengelompokannya.
Mengasosiasikan
·
Menggunakan kosa kata baru
berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman
invertebrata.
·
Menjelaskan ciri-ciri dan klasifikasi hewan invertebrata dengan menggunakan peta
pikiran, permainan, dll.
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan tentang ciri-ciri
dan klasifikasi invertebrata.
·
Mengkomunikasikan pemahamannya melalui permainan.
|
Tugas:
· Mendesain permaianan tentang konsep ciri dan klasifikasi
Invertebrata.
Observasi
· Ketekunan
dalam pengamatan,kreativitas, kerjasama, kedisiplinan.
Portofolio
·
Merancang pengamatan,
menyiapkan alat bahan, lembar aturan permainan.
Tes
· Tes
tertulis peta pikiran tentang ciri dan
klasifikasi hewan
invertebrata dan perannya dalam kehidupan.
|
2
minggu
1 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
·
Siklus hidup Inverte-brata.
·
LKS Laporan.
·
Gambar-gambar hewan inverte-brata yang berhu-bungan dengan ciri, repro-duksi, klasifikasi dan peran.
·
Kartu permain-an.
|
|||||||
4.8.
|
Menyajikan
data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan
perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
|
||||||||||||
·
Ciri dan klasifikasi Hewan
Vertebrata.
|
Mengamati
·
Mengamati berbagai macam
hewan vertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar
rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan atau melalui gambar/film.
Menanya
Siswa menanyakan t atau melalui tentang:
·
Begitu banyaknya jenis hewan,
apa persamaan dan perbedaan?
·
Bagaimana mengenali kelompok
hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·
Mengamati ciri umum
pengelompokkan hewan vertebrata melalui obyek
atau gambar.
·
Mendiskusikan hasil
pengamatan vertebrata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai
dasar pengelompokannya
·
Membandingkan kompleksitas ciri hewan-hewan vertebrata
Mengasosiasikan
·
Menggunakan kosa kata baru
berkaitan dengan vertebrata dalam menjelaskan tentang kompleksitas ciri yang digunakan sebagai dasar pengelompokan keanekaragaman
vertebrata
·
Menjelaskan ciri-ciri hewan vertebrata
dengan menggunakan peta pikiran
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan tentang ciri-ciri
vertebrata dalam bentuk tabel perbandingan kompleksitas
sistem organnya.
|
Tugas:
· Tabel perban-dingan kompleksitas sistem organ vertebrata sebagai dasar pengelom-pokannya.
Observasi:
· Dalam melaksanakan pengamatan bertanggung jawab,
kreatif, disiplin dan peduli lingkungan serta memperha-tikan prosedur keselamatan kerja.
Test:
· Tertulis tentang: ciri dan klasifikasi hewan vertebrata
dan perban-dingan kompleksitas sistem organ hewan-hewan vertebrata.
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
·
Gambar/
charta
sistem organ vertebrata.
·
5 kelas Hewan vertebrata.
·
Alat dan papan bedah.
·
Loupe.
·
LKS Penga-matan.
|
||||||||||
Peranan
hewan Invertebrata dan Vertebrata
dalam kehidupan
|
Mengamati
·
Mengamati berbagai macam kegiatan dan produk yang berhubungan dengan hewan
invertebrata dan vertebrata melalui gambar/charta atau film.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
·
Apa peran hewan-hewan tersebut bagi kehidupan dan lingkungan hidup.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Mengidentifikasi peran hewan Invertebrata dan Vertebrata berdasarkan
pengamatan gambar atau film.
·
Mendiskusikan peranan
invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan
pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang.
Mengasosiasikan
·
Menggunakan hasil diskusi dari pengamatan untuk membuat kesimpulan
tentang peran hewan Invertebrata dan Vertebrata dalam ekosistem dan ekonomi
masyarakat serta ilmu pengetahuan.
·
Menganalisis kemungkinan bila terjadi pemanfaatan hewan-hewan tersebut
yang bernilai ekonomi tetapi tidak dikelola secara bijaksana bagi lingkungan
maupun nilai ekonomi itu sendiri.
Mengomunikasikan:
Menjelaskan
tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate dan vertebrata
Membuat usulan cara pemanfaatan yang berwawasan
pembangunan berkelanjutan.
|
Tugas :
·
Usulan peman-faatan hewan Invertebrata dan vertebrata yang bijaksana.
|
1 minggu
|
·
Gambar-gambar produk peman-aatan hewan Inverte-brata dan Verte-brata.
·
Contoh-contoh foto/
gambar peman-faatan Inverte-brata dan Verte-brata yang salah/
tidak bijaksana.
|
|||||||||
9. Ekologi:
ekosistem, aliran energi, siklus/daur biogeokimia, dan interaksi dalam
ekosistem
|
|||||||||||||
3.9.
|
Menganalisis
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi
yang berlangsung didalamnya.
|
Ekologi
·
Komponen ekosistem.
·
Aliran energi.
·
Interaksi
dalam ekosistem.
|
Mengamati
· Mengamati
ekosistem dan komponen yang menyusunnya.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
· Apa
saja komponen ekosistem dan bagaimana hubungan antar komponen?
· Bagaimana
terjadi aliran energi di alam?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan
mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem.
· Menganalisi hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta
hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan
ketidakseimbangan lingkungan.
· Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan
ketidak seimbangan lingkungan.
· Mengamati
adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energi.
·
Mendiskusikan ketidakseimbangan
lingkungan dan memprediksi kemungkinan
yang akan terjadi akibat hal tersebut.
Mengasosiasikan
· Mendiskusikan
data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan
ekosistem yang ada.
· Menyimpulkan
bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus
dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung.
Mengkomunikasikan
· Menjelaskan
secara lisan komponen ekosistem, aliran energi, ketidak
seimbangan ekosistem dan akibatnya.
|
Tugas
· Melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar sekolah.
· Membuat
poster tentang pelestarian lingkungan (Penghijauan, penghematan energy, air,
pengelolaan sampah, dll).
Observasi
·
-
Portofolio
·
-
Tes
·
Pemahaman tentang berbagai
istilah baru dalam ekosistem.
·
Pemahaman tentang komponen
ekosistem, interaksi, aliran energi, dan siklus biogeokimia.
|
2
minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
· Alam
sekitar.
· Gambar/model
ekosistem.
· Charta
daur biogeo-kimia.
· Alat-alat
yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.
|
|||||||
4.9.
|
Mendesain
bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk
media.
|
||||||||||||
Daur
biogeokimia
|
Mengamati
· Membaca teks atau mengamati video terbentuknya hujan
dari proses penguapan.
Menanya
Siswa menanyakan tentang:
· Siklus
apa saja yang berlangsung di alam untuk menjaga
keseimbangan seperti yang ada di teks atau video?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Mendiskusikan
daur biogeokimia menggunakan bagan/charta.
· Mendiskusikan
ketidakseimbangan lingkungan yang mana
yang menyebabkan kerusakan daur tersebut dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi akibat ke tidak seimbangan tersebut.
Mengasosiasikan
· Mendiskusikan
dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan
proses biogeokimia.
· Menyimpulkan
bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem termasuk daur biogeokimia, harus
dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung.
Mengomunikasikan
· Menjelaskan
secara lisan daurbiogeokimia dan perannya dalam ekosistem
· Membuat charta
daur biogeokimia salah satu unsur.
|
Tugas:
·
Skema daur biogeokimia salah satu unsur.
·
Test lisan:
Siklus
/daur biogeokimia.
|
2 minggu
|
· Charta daur biogeo-kimia berbagai unsur
· Gambar/
foto kondisi akibat ketidak- seim-bangan/
peru-bahan daur biogeo-kimia.
· Internet.
|
|||||||||
10.
Perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.1
|
Menganalisis
data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi
kehidupan.
|
Keseimbangan lingkungan
·
Kerusakan lingkungan/pencemaran
lingkungan.
§
Pelestarian lingkungan.
|
Mengamati
·
Membaca
hasil studi dari berbagai laporan media mengenai perusakan
lingkungan, mendiskusikan secara kelompok untuk menemukan faktor penyebab
terjadinya perusakan.
Menanya
Siswa menanyakan tentang:
·
Apa
yang dimaksud dengan ketidakseimbangan lingkungan dan apa saja penyebabnya,
serta dampaknya bagi kehidupan manusia dari ekonomi, kesehatan,
kesejahteraan, dan kebahagiaan manusia.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Melakukan percobaan polusi
air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan
kehidupannya. Melalui kerja kelompok.
· Mengumpulkan informasi sebagai bahan diskusi atau
sebagai topic yang akan
didiskusikan mengenai masalah perusakan lingkungan.
· Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan
kerusakan lingkungan akibat polusi.
· Mendiskusikan tentang pemanasan global, penipisan
lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan
menanggulanginya.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literature
tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab, pencegahan serta
penanggulangannya.
Mengkomunikasikan
·
Usulan / himbauan tindakan
nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat
sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area
pergaulan siswa.
·
Laporan hasil pengamatan
secara tertulis.
·
Presentasi secara lisan
tentang kerusakan lingkungan penyebab dan
penanggulangannya.
|
Tugas
· Membuat
laporan media informasi populer. tentang kerusakan alam yang terjadi di
wilayahnya baik laporan lisan, tulisan, dalam bentuk video, atau lukisan/
banner/
poster.
Observasi
· Sikap
ilmiah dalam mengamati, berdiskusi, membuat karya, dan merefleksikan diri
terhadap perilaku pengrusakan lingkungan.
Portofolio
·
Usulan/ide/
gagasan
tindakan nyata upaya pelestarian lingkungan dan budaya hemat energi.
Tes
·
Pemahaman tentang konsep
kerusakan lingkungan dan upaya pelestarian dengan menggunakan bagan/dia-gram.
·
Konsep-konsep baru tentang
pelestarian lingkungan.
|
2 minggu
|
·
Buku teks pelajaran biologi.
· Foto
peru-bahan lingku-ngan.
· Charta
lingku-ngan alami dan lingku-ngan yang rusak.
· LKS
percobaan pengaruh polutan terhadap makhluk hidup.
|
|||||||
4.1.
|
Memecahkan
masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya
pelestarian lingkungan.
|
||||||||||||
Limbah dan daur ulang.
§
Jenis-jenis limbah.
§
Proses daur ulang
|
Mengamati
·
Mengamati berbagai produk daur ulang limbah
melalui bacaan atau film/video.
·
Membaca
hasil studi dari berbagai laporan media mengenai jenis-jenis limbah
dan proses daur ulang limbah
Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
· Apa yang dimaksud dengan limbah dan apakah masih bermanfaat dalam
kehidupan?
· Bagaimana cara memanfaatkan
limbah?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Studi literatur tentang jenis-jenis limbah serta
pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan.
· Mengumpulkan data cara-cara
memanfaatkan limbah.
· Merancang desain produk daur
uleng limbah.
· Membuat daur ulang limbah.
Mengasosiasikan
· Menyimpulkan
hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literatur
tentang dampak kerusakan lingkungan yang
dikaitkan dengan adanya limbah, penyebab, pencegahan serta
penanggulangannya.
· Cara menatalaksanai limbah secara bijaksana.
· Menghitung nilai ekonomis produk daur ulang limbah
sehingga menumbuhkan jiwa kewirausahaannya.
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan proses pembuatan daur ulang limbah secara lisan dan unjuk produknya.
|
Tugas:
· Membuat
karya daur ualng limbah dari mulai mendesain, memilih bahan, membuat,
menaksir harga satuan produk yang dihasilkan, mengomuni-kasikan hasil karya.
Portofolio:
·
Pengum-pulan informasi tentang limbah.
·
Proses pengolahan limbah.
·
Prosedur pembuatan produk daur ulang limbah.
·
Produk daur ulang limbah.
|
1 minggu
|
·
Foto/
gambar berbagai produk daur ulang limbah.
·
Buku pedoman peman-faatan daur ulang limbah.
·
Skema pengo-lahan limbah pabrik atau industri.
|
Mengetahui Mengetahui,
................, .... Juli 2014
Pengawas Pembina Kepala SMA/MA................... Guru Biologi,
......................................... ....................................... ........................................
NIP.................................. NIP................................. NIP..................................
0 komentar:
Post a Comment