Silabus Biologi SMA Kurikulum 2013

/ On : 6:42 AM/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan Tinggalkan Comentar Anda.
SILABUS MATA PELAJARAN: BIOLOGI
(PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM)

Satuan Pendidikan
:
SMA
Kelas
:
X

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dan damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR


1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.

SIKAP SPIRITUAL





1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.







1.3.
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.







2.1.
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

SIKAP SOSIAL





2.2.
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.







1.    Ruang Lingkup Biologi, Kerja Ilmiah dan Keselamatan Kerja, serta karir berbasis Biologi


3.1.
Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),  metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Ruang lingkup biologi:
·      Permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
·   Cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
·   Manfaat mempelajari biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradapan bangsa.
·   Metode Ilmiah: mengidektifikasi masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, menentukan variabel, mengolah data, mengomuni-kasikan.
·   Keselamatan Kerja
Mengamati
·         Mengamati atau mendiskusikan kehidupan masa kini yang berkaitan dengan biologi seperti kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta karir dll yang berhubungan dengan biologi.
Menanya:
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·         Kaitan kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta karir dll yang berhubungan dengan biologi.
·         Yang akan dipelajarinya tentang karakteristik, cara mempelajari Biologi  , metode ilmiah dan keselamatan kerja, serta karir berbasis biologi?
Mengumpulkan data(Eksperimen/Eksplorasi)
·         Membaca teks atau melihat video tentang kasus-kasus pada kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta karir dll yang berhubungan dengan biologi dan mendiskusikan kaitannya dengan biologi.
·         Melakukan studi literatur tentangcabang-cabang biologi, objek biologi, permasalahan biologi dan profesi yang berbasis biologi (distimulir dengan contoh-contoh dan diperdalam dengan tugas mandiri).
·        Membaca karya tulis ilmiah biologi sebagai bahan analisis tentang kerja seorang peneliti biologi dan menganalisis komponen-komponen dalam karya tulis ilmiah dikaitkan dengan metode ilmiah dalam biologi.
·        Diskusi aspek-aspek keselamatan kerja laboratorium biologi dan menyepakati komitmen bersama untuk melaksanakan secara tanggung jawab aspek keselamatan kerja di laboratorium.
·        Mendesain kegiatan percobaan sederhana untuk mempelajari kerja ilmiah.
·        Melakukan percobaan sederhana untuk memahami kerja ilmiah dengan menentukan permasalahan, membuat hipotesis, merencanakan percobaan dengan menentukan variabel percobaan, mengolah data pengamatan dan percobaan dan menampilkannya dalam tabel/grafik/skema.
·        Mengkomunikasikannya secara tertulis dengan membuat laporan hasil penelitian dengan format laporan ilmiah sederhana(tugas mandiri).

Mengasosiasikan
·        Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ruang lingkup biologi, cabang-cabang biologi, pengembangan karir dalam biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi.

Mengkomunikasikan
·        Mengkomunikasikan secara lisan tentang ruang lingkup biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja, serta rencana pengembangan karir masa depan berbasis biologi.
·        Melaporkan secara tertulis hasil penelitian.
Observasi
Sikap ilmiah saat mengamati, melaporkan secara lisan dan saat diskusi, dan lembar pengamatan.



Tes
·      Pemahaman tentang ruang lingkup biologi.
·      Langkah kerja ilmiah dengan diberikan persoalan siswa mendesain rancangan penelitian .
·      Aspek keselamatan kerja.

















Portofolio
·      Kompetensi membuat laporan dari format, isi laporan, kesesuaian isi, dan aspek komunikatif dan berbahasa.

3 minggu










































·      Buku teks pelajaran biologi kelas X.
·      Laboratori-um biologi dan sarananya (peralatan yang akan dipakai selama satu tahun ajaran).
·      Buku panduan kerja lab dalam satu tahun (LKS).
·      Artikel ilmiah atau laporan ilmiah yang berkaitan dengan biologi.
·      Lembar tata tertib keselamat-an kerja laboratori-um biologi.
·      Lembar kesepakatan yang ditanda-tangani bersama oleh setiap siswa berkaitan dengan aspek keselamat-an kerja.



4.1.
Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
.


2.    Berbagai Tingkat Keanekaragaman Hayati


3.2.
Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
·         Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem.
·         Keanekaragaman hayati Indonesia (gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroor-ganisme.
·         Sistem klasifikasi makhluk hidup: taksan, klasifikasi binomial.
Mengamati
·      Mengamati gambar berbagai tingkatan keanekaragaman (gen, jenis dan ekosistem) Indonesia untuk memahami konsep tingkat keanekaragaman hayati.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Berbagai macam keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem) dan cara mempelajarinya.
·       Cara pengelompokkan keanekaragaman hayati.
·       Megabiodiversitas Indonesia.

Mengumpulkan data (Eksperimen/Eksplorasi)
·       Mengamati dan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan contoh berbagai tumbuhan, biji-bijian, kerang-kerangan, insekta, dll sesuai lingkungan sekolah yang dibawa siswa.
·       Mengelompokkan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan contoh-contohnya yang dibawa siswa.

Mengasosiasikan
·       Mendiskusikan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dan memberi contohnya, memahami gairs Wallace dan Weber.
·       Mendiskusikan untuk mengasosiasikan pemahaman tentang takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi dari contoh organisme yang dibawa siswa.

Mengomunikasikan
·      Mempresentasikan secara lisan tentang keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan tingkat keanekaragamannya.
·      Mempresentasikan takson-takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi.

Observasi
·       Sikap ilmiah dalam bertanya, memberikan pendapat, menghargai pikiran orang lain

Tes
·      Tertulis essay tentang konsep keanekaragaman hayati Indonesia dari berbagai tingkat keanekaragaman hayati.
·      Persebaran keanekaragaman hayati, garis Wallace dan Weber.
·      Pemahaman tentang takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi.














1 minggu




















·      Buku teks pelajaran biologi kelas X
·         Charta berbagai tingkat kehati
·         Peta kehati Indonesia, garis Wallace dan Weber.
·         Ensiklopedia flora fauna Indonesia.
·         Gambar/
foto karakter hutan hujan tropis.
·         Charta takson.
·         Charta Kunci determi-nasi.




































































4.2.



























































































































Menyajikan hasil identifikasi usulan upaya pelestarian keanekaragaman  hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi.
















































































































·         Garis Wallace, Garis Weber.
·         Keunikan hutan hujan tropis, pesisir dan laut Indonesia.

Mengamati
·       Mengamati peta garis Wallace dan Weber tentang keanekaragaman hayati Indonesia.
·       Membaca teks pemanfaatan keanekaragaman hayati.
·       Mengamati film/gambar hutan hujan tropis Indonesia, pesisir dan laut Indonesia untuk mengenal megabiodiversitas Indonesia.
  
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Persebaran keanekaragaman hayati Indonesia.
·       Hutan hujan tropis, pesisr dan laut.
·       Megabiodiversitas Indonesia.
Mengumpulkan data (Eksperimen/Eksplorasi)
·       Menganalisis film/gambar untuk memahami lebih lanjut megabiodiversitas Indonesia mulai dari hutan hujan tropis, pesisir, dan laut.

Mengasosiasikan
·       Mendiskusikan hubungan antara garis Wallace dan Weber dengan keanekaragaman hayati Indonesia.
·       Mengaitkan garis Weber dan Wallace posisi geografis Indonesia di garis katulistiawa dengan megabiodiversitas.
·       Mendiskusikan manfaat dari keanekaragaman hayati Indonesia dari segi ekonomi, pendidikan, dan ekologis untuk pembangunan berkelanjutan.
·       Berdiskusi tentang hubungan kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan secara lisan tentang keanekaragaman hayati Indonesia mulai dari hutan hujan tropis, pesisir, dan laut.
·      Mempresentasikan secara lisan manfaat keanekaragaman hayati Indosia.

Observasi
·       Sikap ilmiah dalam bertanya, memberikan pendapat, menghargai pikiran orang lain.

Tugas:
·        Kliping pemanfaatan keanekaragaman hayati dan dilakukan analisis mannfaat.

Tes:
·        Pemahaman tentang berbagai keanekaragaman hayati Indonesia.
·       Manfaat keanekaragaman hayati Indonesia.
1 minggu


·         Upaya pelestarian kehati Indonesia secara in-situ dan ex-situ
·         Manfaat kehati (ekonomi, pendidikan, dan ekologis) untuk pembangunan  berkelanjutan

Mengamati
·       Menonton film tentang penangkaran berbagai satwa asli Indonesia.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Tujuan dari kegiatan penangkaran satwa.
·       Kegiatan lainnya yang berkaitan dengan usaha perlindungan dan pelestarian flora dan fauna Indonesia.
·       Tempat-tempat perlindungan dan pelestarian flora dan fauna Indonesia.

Mengumpulkan data (Eksperimen/Eksplorasi)
·        Menganalisis penangkaran berbagai satwa asli Indonesia untuk memahami tujuan pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.
·        Mengidentifikasi berbagai jenis kegiatan upaya perlindungan dan pelestarian biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ.

Mengasosiasikan
·       Mendiskusikan pentingnya upaya perlindungan dan pelestarian biodiversitas Indonesia.
·       Diskusi tentang upaya perlindungan dan pelestarian biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ.

Mengomunikasikan
·       Mempresentasikan secara lisan tentang perlindungan dan pelestarian biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ.
·       Membuat laporan rancangan terobosan baru/ide kreatif tentang upaya pelestarian biodiversitas Indonesia (tugas mandiri individu). 

Observasi
·       Sikap ilmiah dalam bertanya, memberikan pendapat, menghargai pikiran orang lain.




3.    Virus, ciri dan peranannya dalam kehidupan


3.3.
Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.

Virus
·         Ciri-ciri virus: struktur dan repro-duksi.
·         Kasus-kasus penyakit yang disebab-kan virus.





Mengamati
·      Membaca berbagai kasus penyakit yang merebak saat ini yang disebabkan oleh virus seperti influenza, Aids, dan flue burung, siswa mengamati fenomena alam tersebut.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Penyebab berbagai penyakit pada kasus yang dibaca.
·       Mekanisme penularan.

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
·       Mengamati karakteristik virus dari charta tentang struktur virus.
·       Mengamati proses perkembangbiakan virus pada organisme hidup.
·       Mendiskusikan penyebaran virus HIV dikaitkan dengan ciri perkembangbiakannya.

Mengasosiasikan
·      Mendiskusikan struktur dan reproduksi virus dengan penyebaran penyakit dan mengaitkan perilaku yang harus dilakukannya untuk membentuk sikap positif pada generasi muda Indonesia.

Mengkomunikasikan
·      Menjelaskan secara lisan: ciri dan karakter virus, perkembangbiakan dan cara penularan HIV.

Tugas
·      Membuat model tiga dimensi Virus HIV.

Tes
·       Essay bagan replikasi virus.
·       Essay penyebaran virus HIV.
·       Tertulis tentang pemahaman istilah-istilah ilmiah yang digunakan berkaitan dengan virus seperti kapsid, DNA, RNA, viroid, tail/ekor, fase litik dan lisogenik, dll.

1 minggu

























·      Buku teks pelajaran biologi.
·         Charta virus.
·         Charta penye-baran virus HIV.
·         Charta perkembangbiakan virus.
·         Foto/
gambar berbagai penyakit yang disebab-kan oleh virus .



























4.3.

































Menyajikan  data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan  dalam bentuk model/charta.































·         Peran virus dalam kehidupan.
·         Jenis-jenis partisipasi remaja dalam menang-gulangi persebaran virus HIV dan lainnya.
Mengamati
·      Mengamati berbagai gambar tentang hasil aktivitas virus pada hewan, tumbuhan, dan manusia.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:

·       Dampak dari aktivitas virus terhadap makhluk hidup.
·       Cara menghindari dan mencegah.

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
·      Mendiskusikan dampak ekonomi dan sosial akibat serangan virus.
·       Mendiskusikan hubungan antara cara reproduksi virus dengan penyebaran dalam tubuh dan penularan terhadap organisme lain.

Mengasosiasikan
·      Mendiskusikan tentang ciri virus dengan dampak yang ditimbulkan antara lain dampak ekonomi dan sosial.

Mengkomunikasikan
·      Menjelaskan dampak positif dan negatif secara ekonomi dan sosial dengan terjangkitnya virus.

Tugas
·       Membuat karya ajakan hidup sehat dengan menghindari infeksi virus (lagu, poster, cerita, komik, puisi, dll) tergantung kepada minat anak dan kerja sama lintas mata pelajaran Bahasa dan seni budaya.
Tes
·       Essay dampak ekonomi dan sosial.
·       Tertulis tentang peran virus bagi kehidupan.

1 minggu


4.    Archaebateria dan Eubactaeria, ciri, dan peranannya


3.4.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan Archaebacteria dan Eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk  melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Kingdom monera
·   Ciri Archaebac-teria dan Eubacteria.
·   Penanaman bakteri/pour plate/streak plate.
·   Pengamatan koloni bakteri.
·   Pengecatan Gram.
·   Pengamatan sel bakteri.

Mengamati
·         Mengamati berbagai foto/gambar/film tentang berbagai bentuk koloni bakteri.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·         Organisme apa yang terlihat dalam foto/gambar/film.
·         Cara membuat atau menghasilkan gambar yang diamati.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi?
·         Melakukan pour plate dan streak plate bakteri tanah, bakteri udara untuk memahami ciri-ciri bakteri.
·         Mendiskusikan prosedur tentang pengamatan bakteri dari mulai sterilisasi, penyiapan alat dan bahan, cara penanaman, dan mendiskusikan cara pewarnaan gram dari gambar.
·         Mendiskusikan konsep baru serta kosa kata ilmiah baru, misalnya pengecatan gram, inokulum, inokulasi, sterilisasi dll.
·         Mendisukusikan ciri-ciri bakter dilihat bentuk koloni dan bentuk sel.
·         Mendiskusikan struktur dan karakteristik bakteri Archaebacteria dan Eubacteria dari gambar Scanning Electron Micrograph/mikroskop elektron.

Mengasosiasikan
·         Mendiskusikan cara mengenal ciri bakteri dengan menanam dan mengamati bentuk koloni dan sel bakteri.
·         Menyimpulkan perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria dari habitatnya.

Mengomunikasikan
·         Melaporkan tentang sterilisasi dan prosedur penanaman bakteri untuk mengamati ciri bakteri dari koloni dan bentuk sel.

Observasi
·         Pengamatan sikap ilmiah dan keselamatan kerja di laborato-rium (ketelitian, tanggung jawab, jujur, kerja sama, dan kesabaran).
·         Disiplin dalam mengikuti prosedur kerja ilmiah dalam menanam bakteri.






1 minggu































·      Buku teks pelajaran biologi.
·         Charta koloni dan bentuk bakteri.
·         LKS pennyiapan media, pour/streak plate, inokulasi, penge-catan Gram.
·         Loupe
·         Mikros-kop dan keleng-kapannya




















4.4.






















































Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.


















































·   Pengamatan koloni.

Mengamati
·         Membaca teks tentang contoh-contoh bentuk koloni bakteri dan bentuk bakteri.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·         Pembentukan koloni bakteri.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi?
·         Melakukan pengamatan koloni bakteri dari kegiatan minggu pertama.
·         Mencatat data hasil pengamatan dengan menggambar dalam buku kerja/log book.
·         Mendiskusikan sifat pertumbuhan bakteri dengan hasil pengamatan koloni bakteri.
·         Menerapkan keselamatan kerja (prosedur pengamatan koloni bakteri) dalam pengamatan bakteri.

Mengasosiasikan
·         Mendiskusikan hasil pengamatan dan ciri pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri.

Mengomunikasikan
·         Melaporkan hasil pengamatan secara tertulis menggunakan format laporan sesuai kaidah.





·   Pengecatan bakteri.
·   Bentuk sel bakteri.
Mengamati
·         Mengamati gambar foto mikrograph berbagai bentuk sel bakteri.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·         Bagaimana menghasilkan gambar/foto sel bakteri.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi?
·         Melakukan pengecatan gram pada sel bakteri atau mendiskusikan cara mengamati bakteri karena ukuran bakteri yang sangat kecil.
·         Mengamati sel bakteri hasil pengecatan Gram dan menentukan sifat bakteri (Gram + dan Gram -) atau mendiskusikan ciri bakteri dari gambar/foto bakteri
·         Menerapkan prosedur ilmiah dan keselamatan kerja dalam pengecatan gram bakteri.

Mengasosiasikan
·         Mendiskusikan hubungan antara kegiatan pengecatan gram dengan sifat dan ciri bakteri serta kegiatan ilmiah seorang peneliti biologi.

Mengomunikasikan
·         Melaporkan hasil pengamatan secara tertulis menggunakan format laporan sesuai kaidah.

Portofolio
·         Laporan tertulis.

Observasi
·         Proses kerja ilmiah dan melakukan prosedur yang benar dan runtut.
·         Sikap ilmiah dalam pengamatan (teliti, jujur, disiplin).
1 minggu


·   Peranan bakteri dalam kehidupan.
Mengamati
·         Makan bersama nata de coco yang dibawanya dari rumah.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·         Bahan dari nata de coco.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi?
·         Mendiskusikan cara pembuatan nata de coco.
·         Mendiskusikan bahwa nata de coco berasal dari dinding sel bakteri.
·         Mendiskusikan makanan lain dan produk-produk lain yang memanfaatkan bakteri.
·         Mendiskusikan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan cara penanggulangannya.
·         Mendiskusikan peranan bakteri dalam lingkungan seperti pembusukan sampah, pengolahan limbah.

Mengasosiasikan
·         Mendiskusikan peranan bakteri dalam kehidupan.
·         Mendiskusikan manfaat dari bakteri bagi kelangsungan hidup di bumi.
·         Mendiskusikan kemungkinan peristiwa dapat terjadi seandainya tidak adanya bakteri dalam kehidupan untuk menumbuhkan spiritualitas yang tinggi terhadap ciptaan Tuhan.

Mengomunikasikan
·         Melaporkan secara lisan manfaat bakteri.

Tes
Manfaat dan peran bakteri dalam kehidupan.
1 minggu



5.    Protista, ciri dan karakteristik, serta perananya dalam kehidupan


3.5.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan Protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Protista
§  Ciri-ciri umum Protista.
§  Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold.
§  Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
§  Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa)




Mengamati
·      Mengamati suatu foto berwarna/gambar/ animasi berbagai macam Protista.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·          Organisme dalam gambar.
·          Nama kelompok organisme.  
·          Dimana habitatnya.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi)
·          Membuat kultur Paramecium dari rendaman air jerami (tugas mandiri).
·          Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, air rendaman jerami dll.
·          Menggambar hasil pengamatan.

Mengasosiasikan
·         Mendiskusikan hasil pengamatan dan mengidentifikasi jenis Protista yang ditemukan berdasarkan literatur.
·         Mendiskusikan ciri umum Protista mirip jamur,  Protista mirip alga, Protista mirip hewan menggunakan gambar/charta/animasi /film.
·         Membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme golongan Protista.
·         Membuat kesimpulan tentang ciri-ciri Protista.

Mengomunikasikan
·         Menyusun laporan tertulis hasil pengamatan dan hasil diskusi dirangkum untuk memahami konsep keanekaragaman Protista dan dasar pengelompokannya.



Tugas
·        Laporan pengamatan berbentuk gambar dan ulasan.

Observasi
·         Performa saat melakukan pengamatan
(kerja keras, tanggung jawab, disiplin,tole-ransi).

Portofolio
·         Hasil menulis laporan praktikum.

Tes
·         Tertulis untuk menilai pemahaman dan kedalaman konsep ciri dan dasar klasifikasi Protista.
·         Hasil charta yang digambar-nya untuk melihat pemahaman holistik tentang Protista.


2  minggu

















·      Buku teks pelajaran biologi .
·         LKS penga-matan Protista.
·         LKS pem-buatan laporan tertulis.
·         Buku kumpulan
Protista.




4.5.






































































Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.


































































·       Peran Protista dalam kehidupan
Mengamati
·      Membaca teks di berbagai literatur tentang peran berbagai Protista.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Apa saja peran protista dalam kehidupan,      menguntungkan atau merugikan.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi)

·       Menganalisis berbagai artikel yang berhubungan dengan peran Protista dalam kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan bagi manusia dan lingkungan.

Mengasosiasikan
·         Mengaitkan berbagai keadaan seperti penyakit malaria, penyakit tidur, keputihan, fosil minyak bumi, bahan granit dengan peran berbagai jenis Protista.
·         Membuat kesimpulan tentang peran  Protista.


Mengomunikasikan
·         Menyusun laporan tertulis hasil diskusi dan mempresentasikan di depan kelas.  
Tugas:
·       Membuat bahan presentasi.


Observasi:
·        Aktivitas dalam diskusi dan presentasi (santun, toleransi, menghargai pendapat orang lain, menerima kritik, kreatif).


1 minggu
Gambar-gambar yang berhubu-ngan dengan peran Protista.

Internet: Fosil minyak bumi dan bahan granit.



6. Jamur, ciri dan karakteristik, serta peranannya dalam kehidupan


3.6.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Fungi/Jamur
§  Ciri-ciri kelompok jamur . dalam hal morfologi, cara memperoleh nutrisi, reproduksi.
§  Pengelom-pokan jamur.


Mengamati
·      Mengamati berbagai jenis jamur , produk makanan dan minuman (tempe, oncom, roti busuk, keju, dll)  serta obat-obatan (penisilin)  yang berhubungan dengan jamur.
·      Mengkaji literatur tentang syarat hidup jamur.  

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya?
·       Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain?
·       Apa syarat hidup jamur?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Mengamati morfologi jamur mikroskopis dari berbagai bahan (roti, kacang, jagung berjamur, tempe, oncom, dll), jamur cendawan, menggambar hasil pengamatan, menandai nama-nama bagian-bagiannya.
§  Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir dan kapang) serta alat reproduksinya.
§  Melakukan pengamatan tubuh buah jamur makroskopis (cendawan).
§  Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur.

Mengasosiasikan
·         Menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan jamur dengan organisme lain.
·         Menyimpulkan tentang ciri morfologi berbagai jenis jamur ada yang maikroskopis, bersel tunggal (uniseluler), multiseluler, dan yang memiliki tubuh buah dan cara reproduksinya, sebagai dasar pengelompokkannya.
·         Mengaitkan cara hidup jamur sebagai saprofit dengan perannya dalam kelangsungann hidup di bumi sebagai pengurai.

Mengomunikasikan
·         Membuat laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku atau presentasi.

Tugas
·       -

Observasi
·      Performa/
proses ilmiah saat siswa melakukan pengamatan dengan mikroskop.
·      Keselamatan kerja.
·      Sikap ilmiah dalam bekerja.

Portofolio
·       Laporan tertulis hasil investigasi berbagai jamur edibel/
toksik.
·       Sikap ilmiah.

Tes
·       Tes tertulis pemahaman konsep dan kosa kata ilmiah tentang dunia jamur.
·      Gambaran menyeluruh tentang karakteristik, morfologi, dan pengelom-pokan jamur.
·      Analisis kasus permasa-lahan peran jamur dalam penyakit, pengobatan, makanan, keseimba-ngan ekologi.

1 minggu





























·      Buku teks pelajaran biologi.
·   Foto/
gambar berbagai macam jamur, baik yang edibel dan non-edibel/toksik.
·   Teksbook jamur.
·   LKS penga-matan jamur mikros-kopis.
·   LKS penga-matan jamur makros-kopis.
·   LKS peman-faatan khamir dalam industri roti.
·   LKS identifikasi berbagai jamur di alam.


4.6.



















































Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri dan peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan  dalam bentuk laporan tertulis.














































·      Peran  jamur secara ekologis, ekonomis, medis, dan pengem-bangan iptek.

Mengamati
·      Mengamati berbagai kasus, kondisi dan produk yang berhubungan dengan jamur.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·       Apa peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)

§  Mencari informasi tentang berbagai jamur yang edibel/bisa dimakan dan jamur yang toksik.
§  Mengumpulkan kasus-kasus penyakit dan keracunan karena jamur.

Mengasosiasikan
·         Menganalisis hubungan kasus keracunan dan penyakit dengan aktivitas jamur.
·         Menyimpulkan berbagai peran jamur dalam kehidupan berdasarkan hasil analisis di atas.

Mengomunikasikan
·         Melaporkan peran jamur dalam kehidupan dan memecahkan masalah apabila keberadaan jamur dalam suatu ekosistem terganggu secara tertulis.


1 minggu
·      Buku teks pelajaran biologi.
·      Contoh contoh foto/
gambar penyakit kulit, dan jamur penyebab-nya.
·      Gambar/
foto produk yang berhu-bungan dengan jamur.



7. Plantae: ciri-ciri morfologis, metagenesis, peranannya dalam keberlangsungan hidup di bumi


3.7.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.

Plantae
§ Ciri-ciri umum Plantae.
§ Tumbuhan lumut.
§ Tumbuhan paku.

































Mengamati
·         Siswa mengamati gambar hutan hujan tropis dengan berbagai jenis tumbuhan yang membentuk strata di dalamnya.
Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
·         Berbagai jenis tumbuhan yang membentuk strata di hutan hujan tropis.
·         Bagaimana mengenali nama dan mengelompokkannya?
·         Apa ciri-ciri masing-masing kelompok?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan pada setiap strata di hutan hujan tropis.
·      Menggunakan contoh tumbuhan plantae  yang dibawa siswa (lumut, paku, tumbuhan biji) membandingkan ciri-ciri Plantae.
·      Mengindentifikasi alat reproduksi lumut dan paku contoh yang dibawa siswa atau menggunakan gambar.
·      Membuat bagan metagenesis pada lumut, paku-pakuan,  membandingkan dengan gambar/charta.

Mengasosiasi
·         Mengaitkan konsep berbagai keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokan berdasarkan ciri morfologi dan metagenesis tumbuhan.
·         Menemukan ciri khas dan dasar pengelompokan tumbuhan paku dan lumut.

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan laporan  hasil pengamatan berbagai tumbuhan dalam bentuk produk. 
·         Melakukan diskusi problem solving dengan rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan dengan berubahnya keanekaragaman tumbuhan lumut dan paku di suatu ekosistem dan menganalisis dampaknya dari sudut: lingkungan alam, ekonomi, masyarakat, dan kesejahteraan masyarakat.

Tugas
·         Produk  membuat cerita dunia tumbuhan sesuai kemam-puannya, dalam bentuk komik, ilustrasi, lagu, cerita, atau laporan investigasi untuk menunjuk-kan pema-haman.

Observasi
·      Ketekunan dalam kegiatan pengamatan.

Portofolio
·   Laporan tertulis.

Tes
·   Ciri khas  tumbuhan lumut dan paku.
·   Charta tentang penggolongan lumut dan paku.
·   Metagenesis tumbuhan lumut dan paku.

2 minggu













































·      Buku teks pelajaran biologi
·      Charta dunia tum-buhan.
·      Charta/
video ciri-ciri khusus dunia tum-buhan.
·      Ensiklo-pedi/teks-book/
buku referensi ilmiah.
·      Buku botani.
·      Internet.


4.7.
















































Menyajikan data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.














































§ Tumbuhan biji (Spermato-phyta).

Mengamati
·         Siswa mengamati  berbagai jenis tumbuhan spermatophyta melalui gambar/spesimen, video atau charta.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
·         Apa ciri-ciri tumbuhan Spermatophyta?
·         Apa dasar pengelompokannya?
·         Bagaimana cara pengelompokannya?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Menggunakan contoh tumbuhan yang dibawa siswa/gambar/charta (Spematophyta) mengidentifikasi ciri morfologinya.
·      Mengamati alat reproduksi tumbuhan biji (Angiospermae dan Gymnospermae) melalui objek nyata atau gambar melalui kerja kelompok.
·      Mengindentifikasi alat reproduksi tumbuhan-tumbuhan tersebut.
·      Membuat bagan metagenesis Gymnospermae dan Angiospermae, membandingkan dengan gambar/charta.
Mengasosiasi
·         Mengaitkan konsep berbagai keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokan berdasarkan ciri morfologi dan metagenesis tumbuhan Spermatophyta.
·         Menyimpulkan cara pengelompokan tumbuhan Spermatophyta.

Mengomunikasikan
·         Merangkum bab dan disusun dalam suatu laporan yang dibentuk dalam buku kreatif menggunakan bahan-bahan bekas atau hiasan daun/bunga kering sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.
·         Menyajikan laporan tertulis hasil pengamatan berbagai tumbuhan Spermatophyta.

Tugas:
·  Metagenesis tumbuhan gymnosper-mae dan Angiospermae.

Observasi:
·        Kreativitas, kerja keras, jujur dan disiplin.

Portofolio:
·        Laporan tertulis.
1 minggu

·      Buku teks pelajaran biologi.
·   Charta dunia tumbuhan.
·   Charta/
video ciri-ciri khusus dunia tumbuhan.
·   Ensiklopedi/teksbook/buku referensi ilmiah.
·   Buku botani.
·   Buku flora dan fauna.
·   Internet.


§ Manfaat dan peran tumbuhan dalam ekosistem, manfaat ekonomi, dan dampak turunnya keaneka-ragaman tumbuhan bagi ekosistem.

Mengamati
·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang manfaat dan peran keanekaragaman plantae dalam berbagai segi.
·         Mengumpulkan informasi berbagai tanaman obat.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
·         Apa peran keberadaan tumbuhan di muka bumi?
·         Apa contoh manfaat keanekaragaman plantae dalam kehidupan?
·         Contoh tanaman obat yang khas Indonesia.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Mengumpulkan informasi peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan, dll) tugas mandiri untuk bahan diskusi.

Mengasosiasi
·         Mengaitkan  keanekaragaman hayati plantae khas Indonesia dengan kekebermanfaatannya dalam berbagai bidang kehidupan (industri, kesehatan, pariwisata,dll).

Mengomunikasikan
·         Merangkum Bab dan disusun dalam suatu laporan yang dibentuk dalam buku kreatif menggunakan bahan-bahan bekas atau hiasan daun/bunga kering sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.
·         Menyajikan laporan tertulis hasil pengamatan berbagai tumbuhan.
·         Membuat tulisan tentang peran tumbuhan dalam hal menjaga keseimbangan alam yaitu berperan dalam siklus air, menjaga permukaan lahan, penyerapan karbondioksida dan penghasilan oksigen bumi.
·         Membuat laporan upaya pemanfaatan yang tidak seimbang dengan pelestarian.
·         Melakukan diskusi problem solving dengan rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan dengan berubahnya keanekaragaman tumbuhan di suatu ekosistem dan menganalisis dampaknya dari sudut: lingkungan alam, ekonomi, masyarakat, dan kesejahteraan masyarakat.






Tugas:
Membuat alas
makan/cover buku/kartu ucapan/suvenir berbasis pada keindahan bentuk dan warna tumbuhan.

Portofolio:
Laporan tertulis.

1 minggu

Berbagai informasi tentang tanaman obat
Internet.



8. Animalia: Ciri, klasifikasi dan peran hewan Invertebrata dan Vertebrata


3.8.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.

Animalia Invertebrata
·   Ciri-ciri umum Animalia.
·   Ciri dan klasifikasi hewan Invertebrata.

Mengamati
·         Mengamati berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan tentang:
·         Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
·         Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·         Mengamati ciri umum pengelompokan hewan.
·         Mengamati berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar, mendokumentasikan dalam bentuk foto/gambar pengamatan, mengamati morfologinya.
·         Mendiskusikan hasil pengamatan invertebrata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokannya.

Mengasosiasikan
·         Menggunakan kosa kata baru berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman invertebrata.
·         Menjelaskan ciri-ciri dan klasifikasi  hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran, permainan, dll.

Mengomunikasikan
·         Menjelaskan tentang ciri-ciri dan klasifikasi  invertebrata.
·         Mengkomunikasikan pemahamannya melalui permainan.
Tugas:
·       Mendesain permaianan tentang konsep ciri dan klasifikasi Invertebrata.

Observasi
·      Ketekunan dalam pengamatan,kreativitas, kerjasama,  kedisiplinan.

Portofolio
·   Merancang pengamatan, menyiapkan alat bahan, lembar aturan  permainan.

Tes
·    Tes tertulis peta pikiran tentang ciri dan klasifikasi hewan invertebrata dan perannya dalam kehidupan.


2 minggu






















































1 minggu

·      Buku teks pelajaran biologi.
·      Siklus hidup Inverte-brata.
·      LKS Laporan.
·      Gambar-gambar hewan inverte-brata  yang berhu-bungan dengan ciri, repro-duksi, klasifikasi dan peran.
·      Kartu permain-an.


4.8.












































Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.







































·   Ciri dan klasifikasi Hewan Vertebrata.

Mengamati
·         Mengamati berbagai macam hewan vertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan atau melalui gambar/film.

Menanya
Siswa menanyakan t atau melalui tentang:
·         Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
·         Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·         Mengamati ciri umum pengelompokkan hewan vertebrata melalui obyek atau gambar.
·         Mendiskusikan hasil pengamatan vertebrata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokannya
·         Membandingkan kompleksitas ciri hewan-hewan vertebrata

Mengasosiasikan
·         Menggunakan kosa kata baru berkaitan dengan vertebrata dalam menjelaskan tentang kompleksitas ciri yang digunakan sebagai dasar pengelompokan keanekaragaman vertebrata
·         Menjelaskan ciri-ciri hewan vertebrata dengan menggunakan peta pikiran

Mengomunikasikan
·         Menjelaskan tentang ciri-ciri vertebrata dalam bentuk tabel perbandingan kompleksitas sistem organnya.
Tugas:
·      Tabel perban-dingan kompleksitas sistem organ vertebrata sebagai dasar pengelom-pokannya.

Observasi:
·  Dalam melaksanakan pengamatan bertanggung jawab, kreatif, disiplin dan peduli lingkungan serta memperha-tikan prosedur keselamatan kerja.

Test:
·      Tertulis tentang: ciri dan klasifikasi hewan vertebrata dan perban-dingan kompleksitas sistem organ hewan-hewan vertebrata.

·      Buku teks pelajaran biologi.
·      Gambar/
charta sistem organ vertebrata.
·      5 kelas Hewan vertebrata.
·      Alat dan papan bedah.
·      Loupe.
·      LKS Penga-matan.



Peranan hewan Invertebrata dan  Vertebrata dalam kehidupan
Mengamati
·         Mengamati berbagai macam kegiatan dan produk yang berhubungan dengan hewan invertebrata dan vertebrata melalui gambar/charta atau film.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
·         Apa peran hewan-hewan tersebut bagi kehidupan dan lingkungan hidup.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·         Mengidentifikasi peran hewan Invertebrata dan Vertebrata berdasarkan pengamatan gambar atau film.
·         Mendiskusikan peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang.

Mengasosiasikan
·         Menggunakan hasil diskusi dari pengamatan untuk membuat kesimpulan tentang peran hewan Invertebrata dan Vertebrata dalam ekosistem dan ekonomi masyarakat serta ilmu pengetahuan.
·         Menganalisis kemungkinan bila terjadi pemanfaatan hewan-hewan tersebut yang bernilai ekonomi tetapi tidak dikelola secara bijaksana bagi lingkungan maupun nilai ekonomi itu sendiri.

Mengomunikasikan:
Menjelaskan tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate dan vertebrata
Membuat usulan cara pemanfaatan yang berwawasan pembangunan berkelanjutan.

Tugas :
·        Usulan peman-faatan hewan Invertebrata dan vertebrata yang bijaksana.

1 minggu

·      Gambar-gambar produk peman-aatan hewan Inverte-brata dan Verte-brata.
·      Contoh-contoh foto/
gambar peman-faatan Inverte-brata dan Verte-brata yang salah/
tidak bijaksana.



9. Ekologi: ekosistem, aliran energi, siklus/daur biogeokimia, dan interaksi dalam ekosistem


3.9.
Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.

Ekologi
·     Komponen ekosistem.
·     Aliran energi.
·     Interaksi dalam ekosistem.

Mengamati
·      Mengamati ekosistem dan komponen yang menyusunnya.

Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
·      Apa saja komponen ekosistem dan bagaimana hubungan antar komponen?
·      Bagaimana terjadi aliran energi di alam?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem.
·      Menganalisi hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan.
·      Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan.
·      Mengamati adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energi.
·      Mendiskusikan ketidakseimbangan lingkungan  dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi akibat hal tersebut.

Mengasosiasikan
·      Mendiskusikan data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada.
·      Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung.

Mengkomunikasikan
·      Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem, aliran energi, ketidak seimbangan ekosistem dan akibatnya.

Tugas
·      Melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar sekolah.
·      Membuat poster tentang pelestarian lingkungan (Penghijauan, penghematan energy, air, pengelolaan sampah, dll).

Observasi
·         -

Portofolio
·          -

Tes
·       Pemahaman tentang berbagai istilah baru dalam ekosistem.
·       Pemahaman tentang komponen ekosistem, interaksi, aliran energi, dan siklus biogeokimia.

2 minggu





















·      Buku teks pelajaran biologi.
·      Alam sekitar.
·      Gambar/model ekosistem.
·      Charta daur biogeo-kimia.
·      Alat-alat yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.


4.9.












































Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.






































Daur biogeokimia
Mengamati
·      Membaca teks atau mengamati video terbentuknya hujan dari proses penguapan.

Menanya
Siswa menanyakan tentang:
·      Siklus apa saja yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan seperti yang ada di teks atau video?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Mendiskusikan daur biogeokimia menggunakan bagan/charta.
·      Mendiskusikan ketidakseimbangan lingkungan yang mana yang menyebabkan kerusakan daur tersebut  dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi akibat ke tidak seimbangan tersebut.

Mengasosiasikan
·      Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia.
·      Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem termasuk daur biogeokimia, harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung.

Mengomunikasikan
·     Menjelaskan secara lisan  daurbiogeokimia dan perannya dalam ekosistem
·     Membuat charta  daur biogeokimia salah satu unsur.

Tugas:
·        Skema daur biogeokimia salah satu unsur.
·        Test lisan:
Siklus /daur biogeokimia.
2 minggu
·      Charta daur biogeo-kimia berbagai unsur
·      Gambar/
foto kondisi akibat ketidak- seim-bangan/
peru-bahan daur biogeo-kimia.
·      Internet.



10. Perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah







3.1
Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.

Keseimbangan lingkungan
·   Kerusakan lingkungan/pencemaran lingkungan.
§ Pelestarian lingkungan.


Mengamati
·      Membaca hasil studi dari berbagai  laporan media mengenai perusakan lingkungan, mendiskusikan secara kelompok untuk menemukan faktor penyebab terjadinya perusakan.

Menanya
Siswa menanyakan tentang:
·         Apa yang dimaksud dengan ketidakseimbangan lingkungan dan apa saja penyebabnya, serta dampaknya bagi kehidupan manusia dari ekonomi, kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan manusia.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya. Melalui kerja kelompok.
·      Mengumpulkan informasi sebagai bahan diskusi atau sebagai topic yang akan didiskusikan mengenai masalah perusakan lingkungan.
·      Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi.
·      Mendiskusikan tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.

Mengasosiasikan
·      Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab, pencegahan serta penanggulangannya.


Mengkomunikasikan
·      Usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa.
·      Laporan hasil pengamatan secara tertulis.
·      Presentasi secara lisan tentang kerusakan lingkungan penyebab dan penanggulangannya.
Tugas
·    Membuat laporan media informasi populer. tentang kerusakan alam yang terjadi di wilayahnya baik laporan lisan, tulisan, dalam bentuk video, atau lukisan/
banner/
poster.

Observasi
·    Sikap ilmiah dalam mengamati, berdiskusi, membuat karya, dan merefleksikan diri terhadap perilaku pengrusakan lingkungan.

Portofolio
·   Usulan/ide/
gagasan tindakan nyata upaya pelestarian lingkungan dan budaya hemat energi.

Tes
·   Pemahaman tentang konsep kerusakan lingkungan dan upaya pelestarian dengan menggunakan bagan/dia-gram.
·   Konsep-konsep baru tentang pelestarian lingkungan.

2 minggu



































·      Buku teks pelajaran biologi.
·      Foto peru-bahan lingku-ngan.
·      Charta lingku-ngan alami dan lingku-ngan yang rusak.
·      LKS percobaan pengaruh polutan terhadap makhluk hidup.


4.1.






































































Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan.



































































Limbah dan daur ulang.
§ Jenis-jenis limbah.
§ Proses daur ulang

Mengamati
·         Mengamati berbagai produk daur ulang limbah melalui bacaan atau film/video.
·         Membaca hasil studi dari berbagai  laporan media mengenai jenis-jenis limbah dan proses daur ulang limbah

Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
·  Apa yang dimaksud dengan limbah dan apakah masih bermanfaat dalam kehidupan?
·  Bagaimana cara memanfaatkan limbah?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
·      Studi literatur tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan.
·      Mengumpulkan data cara-cara memanfaatkan limbah.
·      Merancang desain produk daur uleng limbah.
·      Membuat daur ulang limbah.

Mengasosiasikan
·      Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literatur tentang dampak kerusakan lingkungan yang dikaitkan dengan adanya limbah, penyebab, pencegahan serta penanggulangannya.
·      Cara menatalaksanai limbah secara bijaksana.
·      Menghitung nilai ekonomis produk daur ulang limbah sehingga menumbuhkan jiwa kewirausahaannya.

Mengomunikasikan
·      Menjelaskan proses pembuatan daur ulang limbah secara lisan  dan unjuk produknya.

Tugas:
·    Membuat karya daur ualng limbah dari mulai mendesain, memilih bahan, membuat, menaksir harga satuan produk yang dihasilkan, mengomuni-kasikan hasil karya.

Portofolio:
·        Pengum-pulan informasi tentang limbah.
·        Proses pengolahan limbah.
·        Prosedur pembuatan produk daur ulang limbah.
·        Produk daur ulang limbah.




1 minggu
·         Foto/
gambar berbagai produk daur ulang limbah.
·         Buku pedoman peman-faatan daur ulang limbah.
·         Skema pengo-lahan limbah pabrik atau industri.




                       Mengetahui                                                 Mengetahui,                                                                ................, ....  Juli 2014
                       Pengawas Pembina                                     Kepala SMA/MA...................                                     Guru Biologi,                                                                                                                                                         
               

 
                 .........................................                            .......................................                                             ........................................
                 NIP..................................                            NIP.................................                                             NIP..................................


0 komentar:

Post a Comment

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Copyright © 2015. Literatur Karya Ilmiah . N-A Shop.com
popok cuci ulang | popok cuci ulang | menstrualpad | Biohikmah | clodi banyuwangi| menspad | celana plastik | cloth diapers
Distributor Clodi 2015 Clodi murahCelana Lampin