Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi Kelas X Semester 2

/ On : 3:43 AM/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan Tinggalkan Comentar Anda.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     1
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
  Kompetensi Dasar           :     3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan



I.    Indikator
•    Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
•    Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
•    Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II.    Materi Ajar
•    Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
•    Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
•    Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
•    Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
•    Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
•    Buku kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi, SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VII
•    Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah




VI.    Penilaian
•    Laporan hasil pengamatan
•    Uji kompetensi tertulis

Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     2
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
  Kompetensi Dasar           :     3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan



I.    Indikator
•    Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
•    Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
•    Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

II.    Materi Ajar
•    Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
•    Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
•    Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
•    Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
•    Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
•    Buku kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi, SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VII
•    Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah




VI.    Penilaian
•    Laporan hasil pengamatan
•    Uji kompetensi tertulis

Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     3
Alokasi Waktu    :     2  jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       :     3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan                            :     Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya


I.    Indikator
•    Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
•    Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
•    Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
•    Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
•    Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II.    Materi Ajar
•    Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
•    Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
•    Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
•    Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
•    Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III.    Metode Pembelajaran
•    Diskusi – Penugasan

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan.
•    Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
•    Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
•    Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
•    Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
•    Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
a.    Buku kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
b.    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VII
c.    Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

VI.    Penilaian
•    Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
•    Uji kompetensi tertulis




Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     4
Alokasi Waktu    :     2  jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       :     3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan                            :     Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya


I.    Indikator
•    Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
•    Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
•    Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
•    Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
•    Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II.    Materi Ajar
•    Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
•    Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
•    Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
•    Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
•    Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III.    Metode Pembelajaran
•    Diskusi – Penugasan

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

D.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
E.    Kegiatan inti (70 menit)
W.    Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan.
X.    Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
Y.    Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
Z.    Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
Å.    Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
Ä.    Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
F.    Kegiatan akhir (10 menit)
Ö.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
d.    Buku kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
e.    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VII
f.    Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

VI.    Penilaian
•    Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
•    Uji kompetensi tertulis




Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     5 dan 6
Alokasi Waktu    :     4 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar    :     3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                    Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                          :     Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia



I.    Indikator
•    Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
•    Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
•    Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
•    Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
•    Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
•    Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

II.    Materi Ajar
•    Ciri umum dunia tumbuhan
•    Klasifikasi tumbuhan
•    Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
•    Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
•    Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
•    Peranan Bryophyta bagi manusia

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru bersama  siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
•    Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
•    Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
•    Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.
•    Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
•    Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (5 menit)
•    Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B.    Kegiatan inti (35 menit)
W.    Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
X.    Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
Y.    Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C.    Kegiatan akhir (5 menit)
Z.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA I kelas X, Erlangga, Esis, Bab VIII
•    Spesimen tumbuhan lumut
•    Loupe

VI.    Penilaian
•    Laporan hasil pengamatan
•    Uji kompetensi tertulis



Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     7 dan 8
Alokasi Waktu    :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar    :     3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia     
                                                 Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                           :     Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia



I.    Indikator
•    Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
•    Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
•    Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
•    Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
•    Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia

II.    Materi Ajar
•    Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
•    Klasifikasi tumbuhan paku  (Pteridophyta)
•    Struktur tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
•    Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
•    Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
•    Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
•    Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.  
•    Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
•    Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.



Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal
•    Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B.     Kegiatan Inti
Å.    Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
Ä.    Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C.     Kegiatan Akhir
Ö.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VIII
•    Spesimen tumbuhan paku 
•    Loupe

VI.    Penilaian
•    Laporan hasil pengamatan
•    Uji kompetensi tertulis




Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     9
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.      Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar    :     3.3     Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                            :     Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia



I.    Indikator
•    Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
•    Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
•    Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
•    Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
•    Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II.    Materi Ajar
•    Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
•    Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
•    Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
•    Peranan tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi manusia

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
•    Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
•    Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
•    Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
•    Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.


V.    Alat / Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VIII
•    Spesimen tumbuhan berbiji 
•    Loupe

VI.    Penilaian
•    Uji kompetensi tertulis




Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     10
Alokasi Waktu    :     2 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.      Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar    :     3.3     Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                            :     Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia



I.    Indikator
•    Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
•    Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
•    Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
•    Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
•    Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

II.    Materi Ajar
•    Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
•    Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
•    Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
•    Peranan tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi manusia

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
•    Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
•    Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
•    Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
•    Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.


V.    Alat / Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab VIII
•    Spesimen tumbuhan berbiji 
•    Loupe

VI.    Penilaian
•    Uji kompetensi tertulis




Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     11 dan 12
Alokasi Waktu    :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi    :     3.      Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar    :     3.4     Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                            :     Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan



I.    Indikator
•    Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
•    Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
•    Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
•    Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

II.    Materi Ajar
•    Ciri umum dunia hewan
•    Dasar klasifikasi dunia hewan
•    Klasifikasi dunia hewan

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.    Kegiatan inti (75 menit)
•    Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
•    Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C.    Kegiatan akhir (5 menit)
•    Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
•    Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 12 (2 X 45 menit)

a.    Kegiatan awal
i.    Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
b.    Kegiatan Inti
•    Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
•    Siswa mencatat hasil pengamatan
•    Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
•    Siswa menyusun laporan.
c.    Kegiatan Akhir
•    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
•    Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

V.    Alat / Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab IX
•    Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
•    Loupe

VI.    Penilaian
•    Laporan hasil pengamatan
•    Uji kompetensi tertulis


Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     13 dan 14
Alokasi Waktu    :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi      :     4.     Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar        :     4.1     Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan                          :     Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem



I.    Indikator
•    Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
•    Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
•    Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
•    Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
•    Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

II.    Materi Ajar
•    Pengertian ekologi sebagai ilmu
•    Ekosistem dan komponen penyusunnya
•    Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
•    Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
•    Berbagai interaksi dalam ekosistem
•    Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
•    Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
•    Daur biogeokimia

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan – Diskusi

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
•    Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
•    Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.


B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
•    Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
•    Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
•    Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.    Kegiatan Inti (70 menit)
AA.    Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
BB.    Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
CC.    Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
DD.    Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
EE.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab X
•    Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

VI.    Penilaian
•    Laporan hasil pengamatan
•    Uji kompetensi tertulis



Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran





Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran    :     Biologi
Kelas/ Semester    :     X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan     :     15 dan 6
Alokasi Waktu    :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi      :     4.     Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar        :     4.2     Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3    Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4    Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan                           :     Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan



I.    Indikator
•    Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
•    Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
•    Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
•    Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
•    Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
•    Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
•    Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

II.    Materi Ajar
•    Keseimbangan lingkungan
•    Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
•    Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
•    Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
•    Penanganan limbah dengan cara daur ulang

III.    Metode Pembelajarn
•    Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

IV.    Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
•    Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
•    Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
•    Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
•    Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
•    Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
•    Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
•    Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
•    Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B     Kegiatan inti (65 menit)
FF.    Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
GG.    Siswa membuat perlakuan eksperimen.
HH.    Siswa melakukan pengamatan.
II.    Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C.     Kegiatan akhir (15 menit)
JJ.    Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
KK.    Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
LL.    Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
•    Buku Kerja Biologi IB, Erlangga, Esis
•    Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Esis, Bab XI
•    Beberapa aktivitas manusia
•    Bahan untuk daur ulang kertas

VI.    Penilaian
•    Laporan hasil eksperimen
•    Uji kompetensi tertulis



Muncar,
Mengetahu
Kepala Sekolah                                guru Matapelajaran



Drs. Supriyanto, M.Pd                            Dra. Lilis Suryaning P

0 komentar:

Post a Comment

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Copyright © 2015. Literatur Karya Ilmiah . N-A Shop.com
popok cuci ulang | popok cuci ulang | menstrualpad | Biohikmah | clodi banyuwangi| menspad | celana plastik | cloth diapers
Distributor Clodi 2015 Clodi murahCelana Lampin