Kedudukan Media dalam Pembelajaran

/ On : 3:37 PM/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan Tinggalkan Comentar Anda.
Kedudukan Media dalam Pembelajaran

Meliputi :
Media sebagai satu komponen dalam sistem pembelajaran, kedudukan media dalam sistem pembelajaran

Jenis dan Karakteristik Media

TAKSONOMI :
•    Taksonomi menurut Rudy Bretz
•    Hierarki Media menurut Duncan
•    Taksonomi menurut Briggs
•    Taksonomi menurut Gagne
•    Taksonomi menurut Edling

Taksonomi menurut Rudy Bretz
Mengidentifikasi ciri utama dari media menjadi tiga unsur pokok, yaitu :
•    suara,
•    visual (gambar, garis, simbol)
•    gerak


Bretz juga membedakan antara media siar (telecomunication) dan media rekam (recording) sehingga terdapat 8 klasifikasi media.

8 Klasifikasi Media menurut Bretz
•    Media audio visual gerak
•    Media audio visual diam
•    Media audio semi-gerak
•    Media visual gerak
•    Media visual diam
•    Media semi-gerak
•    Media audio
•    Media cetak



Hierarki Media menurut Duncan
Semakin rumit jenis perangkat media yang dipakai, semakin mahal biaya investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi juga semakin umum penggunaannya dan semakin luas lingkup sasarannya.
Sebaliknya, semakin sederhana perangkat media yang digunakan biayanya akan lebih murah, pengadaannya lebih mudah, sifat penggunaannya lebih khusus, dan lingkup sasarannya lebih terbatas.

Taksonomi menurut Briggs
Lebih mengarah pada karakteristik menurut stimulus atau rangsangan yang dapat ditimbulkan dari media sendiri, yaitu kesesuaian rangsangan tersebut dengan karakteristik siswa, tugas pembelajaran, bahan dan transmisinya.
Brigs mengidentifikasi 13 macam media, yaitu : objek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparansi, film rangkai, film bingkai, film, televisi dan gambar.

Taksonomi menurut Gagne
Mengelompokkan menjadi 7 macam :
     Benda untuk didemonstrasikan
     Komunikasi lisan
     Media cetak
     Gambar diam
     Gambar gerak
     Film bersuara
     Mesin belajar


Ketujuh kelompok media ini kemudian dikaitkan dengan kemampuan memenuhi fungsi menurut tingkatan hierarki belajar yang dikembangkannya, yaitu :

     Pelontar stimulus belajar
     Penarik minat belajar
     Contoh perilaku belajar
     Memberi kondisi eksternal
     Menuntun cara berpikir
     Memasukkan alih ilmu
     Menilai prestasi
     Pemberi umpan balik



Taksonomi menurut Edling
Media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio (kodifikasi subyektif audio dan kodifikasi obyektif audio), dua untuk pengalaman visual (kodifikasi subyektif visual dan kodifikasi obyektif visual), dua pengalaman belajar 3 dimensi (pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan benda)

1 komentar:

Deden Kurniawan Saputra Pamungkas said...

assalamualaikum,,,
Klo lebih lengkap,,lebih bagus,,
terimakasih..

Post a Comment

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Copyright © 2015. Literatur Karya Ilmiah . N-A Shop.com
popok cuci ulang | popok cuci ulang | menstrualpad | Biohikmah | clodi banyuwangi| menspad | celana plastik | cloth diapers
Distributor Clodi 2015 Clodi murahCelana Lampin