Kedudukan Media dalam Pembelajaran
Meliputi :
Media sebagai satu komponen dalam sistem pembelajaran, kedudukan media dalam sistem pembelajaran
Jenis dan Karakteristik Media
TAKSONOMI :
• Taksonomi menurut Rudy Bretz
• Hierarki Media menurut Duncan
• Taksonomi menurut Briggs
• Taksonomi menurut Gagne
• Taksonomi menurut Edling
Taksonomi menurut Rudy Bretz
Mengidentifikasi ciri utama dari media menjadi tiga unsur pokok, yaitu :
• suara,
• visual (gambar, garis, simbol)
• gerak
Bretz juga membedakan antara media siar (telecomunication) dan media rekam (recording) sehingga terdapat 8 klasifikasi media.
8 Klasifikasi Media menurut Bretz
• Media audio visual gerak
• Media audio visual diam
• Media audio semi-gerak
• Media visual gerak
• Media visual diam
• Media semi-gerak
• Media audio
• Media cetak
Hierarki Media menurut Duncan
Semakin rumit jenis perangkat media yang dipakai, semakin mahal biaya investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi juga semakin umum penggunaannya dan semakin luas lingkup sasarannya.
Sebaliknya, semakin sederhana perangkat media yang digunakan biayanya akan lebih murah, pengadaannya lebih mudah, sifat penggunaannya lebih khusus, dan lingkup sasarannya lebih terbatas.
Taksonomi menurut Briggs
Lebih mengarah pada karakteristik menurut stimulus atau rangsangan yang dapat ditimbulkan dari media sendiri, yaitu kesesuaian rangsangan tersebut dengan karakteristik siswa, tugas pembelajaran, bahan dan transmisinya.
Brigs mengidentifikasi 13 macam media, yaitu : objek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparansi, film rangkai, film bingkai, film, televisi dan gambar.
Taksonomi menurut Gagne
Mengelompokkan menjadi 7 macam :
Benda untuk didemonstrasikan
Komunikasi lisan
Media cetak
Gambar diam
Gambar gerak
Film bersuara
Mesin belajar
Ketujuh kelompok media ini kemudian dikaitkan dengan kemampuan memenuhi fungsi menurut tingkatan hierarki belajar yang dikembangkannya, yaitu :
Pelontar stimulus belajar
Penarik minat belajar
Contoh perilaku belajar
Memberi kondisi eksternal
Menuntun cara berpikir
Memasukkan alih ilmu
Menilai prestasi
Pemberi umpan balik
Taksonomi menurut Edling
Media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio (kodifikasi subyektif audio dan kodifikasi obyektif audio), dua untuk pengalaman visual (kodifikasi subyektif visual dan kodifikasi obyektif visual), dua pengalaman belajar 3 dimensi (pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan benda)
Kedudukan Media dalam Pembelajaran
/ On : 3:37 PM/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan Tinggalkan Comentar Anda.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 komentar:
assalamualaikum,,,
Klo lebih lengkap,,lebih bagus,,
terimakasih..
Post a Comment