HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN KALOR (2)

/ On : 7:25 PM/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan Tinggalkan Comentar Anda.

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

2.1. Pengertian Belajar

Belajar pada hakikatnya adalah kegiatan-kegiatan yng dilakukan secara sadar oleh seseorang yang menghasilkan perubahan tingkah laku pada individu yang sedang belajar. Perubahan ini terjadi akibat interaksi antar individu yang sedang belajar dengan lingkunganya. Jika interaksi ini dilakukan dengan sadar, maka individu yang sedang belajar akan mendapat pengalaman , baik itu berupa kesiapan mental dalam menghadapi situasi yang mungkin hampir sama atau dapat berupa terbentuknya kecakapan baru atau mungkin dapat berupa pengetahuan beberapa fakta baru . jadi belajar tidak hanya mengetahui setumpuk fakta yang disajikan, tetapi yang lebih penting dari pengetahuan tersebut haruslah membawa perubahan pada diri seseorang yang belajar. Perubahan akibat belajar adalah proses yang sadar dimana setidak-tidaknya seseorang menjadi sadar, bahwa ia telah walupun tidak semua perubahan diperlakukan adalah akibat dari hasil belajar. Belajar merupakan proses internal yang kompleks. Yang terlibat dalam proses internal tersebut adalah seluruh mental yang meliputi ranah-ranah koqnitif, afektif, dan psikomotorik. Proses belajar yang mengaktualisasikan ranah-ranah tersebut tertuju pada bahan pelajaran tertentu. Dari pengertian tersebut diatas, maka belajar merupakan suatu proses yang menyebabkan perubahan tingkah laku manusia yang berupa : kecakapan, sikap, kepribadian, dan kepandaian yang bukan disebabkan oleh proses yang bersifat fisiologis.

Kemampun yang akan diperoleh siswa dalam mempelajari bidang studi tertentu akan mempengaruhi penguasaan materi selanjutnya atau dengan bidang studi yang berkaitan dengan bidang studi tersebut.

2.2.Prestasi Belajar

Menurut Wayan Nurkancana, I.A. Warsiki, I.G.A. Widawati, prestasi adalah suatu hasil yang dicapai sesorang dalam usaha yang dilakukan, yang berupa pengetahuan, atau nilai-nilai kecakapan 1978:10). Sedangkan belajar belajar menurut Moh. Uzer Usman diartikan sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa berkat adanya interaksi antar individu dengan individu dan individu dengan lingkunganya (1992;2). Herman hudoyo juga berpendapat, “belajar adalah suatu proses yang aktif untuk mendapatkan pengetahuan atau pengalaman baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku” (1990:1). Soedijarto (1981:61) mengemukakan hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti program belajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan. Pengukuran terhadap hasil belajar akan memperlihatkan sudah sampai dimana suatu tujuan sudah tercapai. Dalam penelitian ini dipakai istilah prestasi belajar yang menunjukan hasil belajar siswa didalam mempelajari bidang studi Fisika pada bahan kajian kalor. Jadi prestasi belajar sebagai hasil belajar disini adalah hanyalah menyangkut suatu ranah yang dikembangkan oleh Bloom yaitu ranah Koqnitif.

Mengenai ranah koqnitif yang merupakan indikator hasil belajar, menurut Bloom membagi ranah koqnitif menjadi enam kategori yang tersusun secara hirarkis yaitu : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

2.3.Prestasi Belajar Fisika

Belajar Fisika merupakan suatu kegiatan yang tidak hanya memerlukan kemampuan verbal, tetapi lebih dari itu diperlukan tingkat pemahaman yang bersifat konseptual. Hal ini disebabkan Fisika pada hakekatnya berkenaan dngan fakta-fakta, konsep-konsep dan teori ilmiyah. Kadang-kadang dalam belajar Fisika dituntut kemampuan ilustrasi yang bersifat abstrak. Siswa tidak sekedar mampu menghafalkan rumusan-rumusan serta pengertian dasar, tetapi siswa dituntut untuk menggunakan konsep-konsep dan rumusan-rumusan itu dalam penyelesaian permasalahan yang bersifat aplikatif, atau siswa mampu mengorganisir semua konsep dan hukum-hukum Fisika yang telah diterimanya dalam rangka pemecahan suatu masalah.

2.4.Prestasi Belajar Matematika

Matematika adalah suatu system yang rumit tetapi tersusun sangat baik yang mempunyai banyak cabang (Roy Holand, 1989:96) selanjutnya Johnson dan Rising dalam bukunya yang berjudul “Guidelines for Teaching Matematics” mengatakan bahwa Matematika itu adalah pola berfikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logic, Matematika itu bahasa, Matematika itu alat Bantu bagi bidang studi lain ataupun bidang studi Matematika itu sendiri. (E.T. Ruseffendi, 1990:96).

Dalam perkembangan peradaban modern, Matematika memegang peran penting, karna dengan bantuan Matematika semua ilmu pengetahuan akan lebih sempurna. Matematika merupakan alat Bantu yang efesian dan diperlukan oleh semua ilmu pengetahuan, dan tanpa Matematika tidak akan mendapat kemajuan yang berarti.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini tidak lepas dari kemampuan Matematika sebagai alat Bantu yang sangat penting. Matematika memberikan pengetahuan pada siswa tentang bilangan, hubungan antar variable membuat grafik, membuat bangunan-bangunan geometric, merumuskan persaman-persamaan dan lain sebagainya. Berbagai cabang Matematika seperti kalkulus dan defferensial atau pun integral merupakan alat yang tepat dan sangat penting untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam ilmu Fisika.

Ditinjau dari materi Fisika yang memerlukan bantuan Matematika mengandung operasi-operasi yang baik, sederhana sampai operator yang kompleks. Untuk dapat melakukan operasi dari operator yang sederhana hingga operator-operator yang kompleks diperlukan kemampuan Matematika yang cukup memadai. Prestasi belajar Fisika yang dimaksud adalah kemampuan untuk memperoleh hasil dari operasi operator sederhana Matematika seperti operator penjumlahan(+), pengurangan(-), perkalian(x), pembagian(: ), akar (√) dan Pangkat(an). Karena responden dalam penelitian ini adalah siswa MTs yang masih mengenal bilangan-bilangan real saja dan belum mengenal bilangan kompleks.

2.5 Kalor

Kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda kesuhu lebih tinggi ke benda bersuhu lebih rendah. Beberapa ilmuan yang membantah teori kalor sebagai zat alir diantaranya adalah benyamin Thompson (Count Rumford) (1753-1814),Robert Meyer (1884-1878), dan James Prescott Joule (1818-1889). Para ahli tersebut telah membuktikan bahwa kalor bukanlah suatu zat cair, tetapi merupakan suatu bentuk energi.

2.6 Kerangka Berfikir

Hubungan Prestasi Belajar Matematika Dengan Prestasi Belajar Fisika.

Matematika merupakan ilmu yang mengoperasikan bilangan-bilangan dalam menjelaskan suatu permasalahan. Dan Matematika ini merupakan raja, sekaligus pelayan dalam menjelaskan permasalahan yang ada dalam ilmu pengetahuan.

Cabang ilmu yang banyak mengunakan operasi Matematika adalah ilmu pengetahuan alam. Dalam hal ini termasuk Fisika yang paling banyak mengunakan operasi Matematika dari yang paling sederhana sampai operasi yang paling kompleks. Hal ini tidaklah berlebihan bila ditinjau dari materi Fisika yang banyak memuat materi, prinsif dan hukum-hukum yang banyak dinyatakan dalam rumus-rumus, sehingga untuk memahami materi Fisika ini diperlukan kemampuan memperoleh hasil operasi Matematika. Dengan menggunakan operasi Matematika yang sederhana maupun yang kompleks yang sangat membantu dalam mempelajari materi Fisika. Dengan kata lain yang memiliki kemampuan Matematika yang baik mempunyai harapan yang besar untuk memperoleh prestasi belajar Fisika yang baik.

2.7 Hipotesis

Hipotesa adalah asumsi dugaan mengenai suatu hal yang dibuat untuk menjelaskan hal yang sering dituntut melakukan pengecekanya. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis penelitian ini adalah :

v Ada hubungan yang positif antara prestasi belajar Matematika dengan prestasi belajar Fisika siswa kelas II MTs Negeri Srono.

0 komentar:

Post a Comment

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Copyright © 2015. Literatur Karya Ilmiah . N-A Shop.com
popok cuci ulang | popok cuci ulang | menstrualpad | Biohikmah | clodi banyuwangi| menspad | celana plastik | cloth diapers
Distributor Clodi 2015 Clodi murahCelana Lampin